Sudah Tampil Baru, Isuzu MU-X Masih Belum “Bunyi” 

Sudah Tampil Baru, Isuzu MU-X Masih Belum “Bunyi” 
Isuzu MU-X I Series, varian baru untuk mereka yang baru ingin membeli SUV 7 kursi - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Setelah penjualannya terus merosot sejal lima tahun dijajakan di Indonesia, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku agen pemegang merek Isuzu di Indonesia mencoba membangkitkan penjualan SUV Isuzu MU-X, dengan meluncurkan tipe baru. Tak tanggung-tanggung ada tiga tipe baru yang disodorkan di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu.

Ketiganya adalah Isuzu MU-X tipe I series, S series dan Z series. Tipe yang pertama merupakan tipe anyar, sedangkan tipe dan dan ketiga merupakan pengganti tipe Isuzu MU-X Royale dan Isuzu MU-X Premiere.
“Sementara I Series, merupakan tipe baru untuk memenuhi kebutuhan customer yang ingin naik kelas memiliki kendaraan SUV,” bunyi pernyataan IAMI.

Lantas, bagaimana hasilnya? Di GIIAS yang berlangsung 18-28 Juli itu, sepertinya hasil penjualan masih belum “nendang” alias tak bunyi jika dibanding SUV sekelas dan sejenis dari merek lain.

Tampilan belakang Isuzu MU-X I Series yang dibanderol RP 499 juta on the road Jakarta – dok.Motoris

Keterangan tertulis IAMI yang dilayangkan ke media, Kamis (1/8/2019) tak menyebut secara rinci berapa pesanan yang diterimanya untuk SUV Isuzu MU-X. Pemegang merek Isuzu di Indonesia itu hanya menyebut, surat pemesanan kendaraan (SPK) yang diterima di rentang waktu penyelenggaraan GIIAS sebanyak 938 unit.

“Jumlah SPK di GIIAS tahun ini, menjadi angin segar bagi Isuzu, dan kami akan terus berusaha menjadi partner untuk customer kami,” tutur General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril, tanpa menyebut rinciannya.

Meski, pada bagian lain di pernyataan tertulis tersebut dikatakan tercatat ada 250 pengunjung yang mengikuti test drive SUV Isuzu MU-X. Lantas apakah, jumlah pengunjung sebanyak itu juga langsung membeli Isuzu MU-X yang dicobanya itu? Entahlah.

Isuzu MU-X versi anyar yakni MU-X I series yang diluncurkan di hajatan GIIAS 2019, Kamis 18 Juli 2019 – dok.Motoris

Kalau misalnya, memang ada korelasi yang positif antara jumlah pencoba Isuzu Mu-X itu dengan yang membeli, atau Isuzu Mu-X juga terjual 250 unit, jumlah ini masih jauh dibanding pesaing. Dengan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner misalnya.

Pajero dan Fortuner panen
Seperti yang diinformasikan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8/2019), di hajatan GIIAS 2019 itu, pesanan kendaraan yang diterimanya sebanyak 4.909 unit. Dari jumlah ini, 37% merupakan pesanan untuk Pajero Sport termasuk varian Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition yang baru saja diluncurkan.

Dengan kata lain, Pajero Sport terjual 1.816 unit di gelaran tersebut. Sedangkan Toyota Fortuner, seperti yang dikatakan PT Toyota Astra Motor dalam rilisnya, kamis (1/8/2019) terpesan 618 unit.

Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo diluncurkan di gelaran GIIAS 2019 di ICE, Serpong, Tangerang – dok.Motoris

Dengan data itu, terlihat, Isuzu MU-X masih belum mampu menandingi lawan-lawannya. Sebab, selama lima tahun malang-melintang di pasar otomotif Indonesia, khususnya di segmen SUV, penjualannya masih terengah-eng

Tertinggal
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di tahun ini, dari Januari-Maret penjualan Isuzu MU-X masih muram. Sepanjang Januari, penjualan nihil. Kemudian di Februari terjual 20 unit, dan bulan Maret laku 25 unit.

Pada rentang waktu yang sama, Toyota Fortuner terjual 4.411 unit dan Pajero Sport 4.759 unit. Perbedaaan yang sangat tajam dibanding MU-X.

Ketertinggalan SUV Isuzu dengan pesaing tak hanya terjadi di kurun waktu itu, tetapi juga di tahun-tahun sebelumnya. Di sepanjang tahun 2018 misalnya, penjualannya hanya sebanyak 737 unit. Jumlah itu memang naik, tapi tipis, yakni 2,5% dibanding penjualan tahun 2017 yang sebanyak 712 unit.

Mitsubishi Pajero Sport di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Penjualan di tahun 2017 itu meningkat dibanding tahun 2016 yang sebanyak 569 unit. Namun, angka penjualan tersebu masih tertinggal jauh dibanding para pesaing.

Fakta menunjukan, di tahun 2018 , Toyota Fortuner membukukan penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales sebanyak 21.459 unit. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport di saat yang sama terjual sebanyak 21.029 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This