Ya Ampun, Penjualan Datsun Masih Saja Turun

Ya Ampun, Penjualan Datsun Masih Saja Turun
Ilustrasi, All New Datsun GO-Live Special Version di IMX 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan Datsun di Indonesia masih belum mencorong, kendati di awal-awal peluncurannya sempat mencapai angka lebih dari 29.000-an unit. Penurunan demi penurunan terus terjadi hingga kini.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di tahun ini saja, dalam rentang waktu Januari – Juni, penjualan Datsun yakni Datsun Go dan Go+, hanya 4.234 unit. Padahal, di  kurun waktu yang sama tahun lalu, penjualan yang dibukukan mencapai 5.903 unit.

Artinya, ada penutunan  hampir 1.700-an unit. Namun, penurunan seperti itu, bukanlah kali pertama dialami Datsun. Lagi-lagi, data Gakindo menunjukan, tren penurunan sudah terjadi setahun setelah mobil itu diuncurkan di Tanah Air, pada tahun 2015.

Jika di tahun 2015 penjualan masih sebanyak 29.358 unit, tahun berikutnya telah susut menjadi 26.043 unit. Penyusutan kembali terjadi di tahun 2017, dimana penjualan yang tercatat hanya sebanyak 10.484 unit.

Datsun GO-Live Special Version di IMX 2018 – dok.Motoris

Bahkan di tahun 2018, penjualan malah ambles hingga menjadi 9.045 unit. Jumlah ini terdiri dari penjualan Datsun GO sebanyak 4.782 unit, dan GO+ 3.263 unit.

Datsun Cross juga tidak joss

Tahun 2018, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) berikhtiar  menggedor pasar. Caranya, menyodorkan Datsun varian anyar, yakni Datsun Cross. Varian  itu diharapkan menjadikan angka penjualan Datsun joss.

Hanya, bedanya, tak seperti Datsun GO dan GO+ yang bertarung di segmen LCGC, Datsun Cross menyelinap masuk ke segmen city car. Dia berhadapan dengan Honda Brio RS. Awalnya, pada Januari 2018, catatan penjualan (wholesales) memang besar, yakni 2.223 unit.

Tapi, data Gakindo menyebut, di bulan berikutnya angkanya langsung kempis dan hanya 13 unit saja. Bahkan di bulan November tidak unit yang dilaporkan terkirim ke diler, dan Desember 7 unit.

Datsun Cross – dok.Datsun

Walhasil, total jenderal penjualan Datsun Cross sepanjang tahun 2018 itu sebanyak 2.293 unit. Jika dihitung prosentase pangsa pasar yang dicuilnya, hanya  7,38% dari total penjualan city car tahun itu yang sebanyak 31.051 unit.

Sedangkan di tahun ini, di rentang waktu Januari – Juni jumlah yang didistribusi dari pabrk ke diler  sebanyak 535 unit.  Seperti terungkap dalam data Gaikindo, angka penjualan sebanyak itu, cukup melegakan. Pasalnya,  di Januari, distribusi Datsun Cross  hanya 6o unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This