Jualan Masih Jauh dari Target, DFSK Pacu Jumlah Diler Baru

Jualan Masih Jauh dari Target, DFSK Pacu Jumlah Diler Baru
SUV DFSK Glory 560 yang dibekali fitur baru bernama I-Talk dipamerkan di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Dongfeng Sokon (DFSK) kembali meresmikan diler baru berfasilitas 3 S (Sales, Service, Spare part) di Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (8/8/2019), sebagai bagian dari upaya ekspansi jaringan untuk memacu penjualan. Maklum, realisasi penjualan yang dibukukan mereka asal Cina itu melalui PT Sokonindo Automobile, masih jauh dari target yang ditetapkan.

Seperti diungkapkan Managing Director of Sales Center PT Sokonindo, Franz Wang, DFSK telah menetapkan target penjualan tahun 2019 ini sebanyak 12.000 unit. “Target penjualan kami di tahun 2019 itu sebanyak 12.000. Target ini untuk semua model yang kami pasarkan,” kata dia kepada media di Depok, Jawa Barat, Senin (11/3/2019).

Namun, fakta berbicara, hingga akhir semester pertama lalu, penjualan masih jauh dari angka target itu. Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang waktu Januari – Juni lalu, penjualan DFSK dari pabrik ke diler (wholesales) tercatat baru 1.667 unit, dan penjualan ritel – dari diler ke konsumen – sebanyak 1.313 unit.

Memang, di banding tahun 2018 yang sepanjang tahun penuh sebanyak 1.222 unit, penjualan di paruh pertama tahun ini sudah di atas lumayan. Tetapi, jika dibanding angka yang ditargetkan masih sangat jauh.

SUV Glory 580 di GIIAS 2019 mendapat perhatian dari pengunjung – dok.Motoris

Saat dikonfirmasi di sela acara DFSK di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, akhir Juli lalu, Frans Wang, memastikan pihaknya tak akan merevisi target yang ditetapkan. Alasannya, tahun ini DFSK bisa setahun penuh berjualan.

“Karena kalau tahun lalu, kami baru efektif berjualan setengah tahun, karena SUV Glory baru kami luncurkan pada perengahan Juli 2018. Dan kedua, jumlah diler tahun lalu kan masih 20 (diler), sekarang sudah 60 diler dimana 50 diler sudah beroperasi. Selain itu, model yang dipasarkan juga ada tiga model (pikap Super Cab, Glory 580, dan yang terbaru Glory 560),” papar dia.

Ekspansi di Jawa Barat
Sales & Marketing Director PT Sokonindo Automobile, Alex Pan, mengatakan kehadiran diler DFSK Tasikmalaya itu merupakan bagian dari rencana ekspansi jaringan DFSK khususnya di provinsi Jawa Barat. Bahkan, kata dia, jumlah diler DFSK di Tanah Priangan yang berjumlah enam outlet dengan fasilitas 3S akan bertambah.

Sebab, ke depannya DFSK berencana ekspansi outlet berfasilitas 3S ke kota Cimahi, Cianjur dan Sukabumi.“Kami melihat Jawa Barat memiliki potensi market yang baik bagi DFSK. Selama ini Jawa Barat memiliki kontribusi 20% terhadap penjualan kami,” ujar dia di diler DFSK Tasikmalaya, Kamis (8/8/2019).

Diler baru DFSK di Tasikmalaya – dok.Istimewa

Alex menilai, Tasikmalaya merupakan salah satu daerah yang potensial karena merupakan sentra ekonomi untuk daerah di sekitarnya, seperti Banjar, Ciamis, Garut, Sumedang, Cianjur, dan Sukabumi. Wilayah ini berpotensi menyerap kendaraan niaga yang mendukung aktivitas perdagangan, jasa, dan industri.

Diler di Tasikmalaya itu beroperasi di bawah naungan PT Siloam Motor dan menyodorkan pelayanan lengkap berstandar global yang tersertifikasi oleh DFSK global. (Gen/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This