Sudah Disegarkan, Hingga Juli Honda BR-V Belum Bunyi

Sudah Disegarkan, Hingga Juli Honda BR-V Belum Bunyi
Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Honda Prospect Motor (HPM) telah melakukan penyegaran tampilan Low SUV Honda BR-V dan disajika ke pasar pada April lalu melalui hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Namun, nyatanya, penyegaran ini belum berdampak signifikan ke penjualan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan penjualan Honda BR-V masih saja lemot. Dalam rentang waktu Januari hingga Juni, dia hanya terjual sebanyak 1.622 unit. Jumlah ini anjlok 46,31 persen, dibanding periode yang sama di tahun lalu.

Sedangkan data yang dirilis HPM menyebut, pada Juli lalu penjualannya sebanyak 463 unit. Artinya, jumlah ini hampir sepertiga dari penjualan selama enam bulan sebelumnya. Cukup lumayan.

Tapi, secara total jenderal dalam kurun waktu tujuh bulan penjualannya hanya 2.085 unit. Padahal, seperti diungkapkan Bussiness Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy, dalam siaran pers Kamis (15/8/2019), penjualan Honda di Juli naik 84% dibanding bulan sebelumnya, dan menjadi13.894 unit.

Tampilan belakang Honda BR-V versi baru – dok.Motoris

BR-V bukan termasuk penyumbang penjualan terbanyak.  Masih belum bunyi. Terlebih, jika dibanding para esaing. Penjualan Low SUV Honda itu – terutama di enam bulan bulan pertama – masih terpaut jauh dibanding mereka.

Data Gakindo menunjukan, di periode Januari – Juni itu, Toyota Rush terjual 29.158 unit. Sedangkan Daihatsu Terios laku 8.704 unit. Keduanya merupakan peringkat pertama dan kedua dalam daftar penjualan Low SUV di Tanah Air.

Bahkan penjualan Toyota Rush Toyota Rush selama Juli saja, jauh di atas penjualan BR-V. Low SUV Toyota itu membukukan penjualan 4.800 unit (wholesales) dan 4.900 unit (retail sales) di bulan ketujuh itu. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This