Juli Tergeser Lagi, Xpander Belum Bisa Kalahkan Avanza

Juli Tergeser Lagi, Xpander Belum Bisa Kalahkan Avanza
Mitsubishi Xpander di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang bulan Juli penjualan total penjualan mobil di Indonesia tercatat sebanyak 108 unit atau meningkat signifikan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Menariknya, di segmen terbesar yakni Low MPV, Toyota Avanza kembali menggeser Mitsubishi Xpander.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, Avanza terjual (wholesales) sebanyak 7.484 unit, setelah di bulan sebelum ambles dengan total penjualan hanya sebanyak 3.543 unit.

Sementara di saat yang sama – selama Juni – Mitsubishi Xpander terjual (wholesales) sebanyak 4.624 unit. Artinya, di bulan keenam itu low MPV andalan Mitsubishi Indonesia itu merebut posisi yang sebelumnya ditempati Avanza.

Namun, itu tak lama. Xpander harus kembali lagi ke posisi semula di belakang Avanza pada Juli lalu. Dia hanya terjual 5.775 unit. Selisih angka yang cukup jauh dibanding sang pesaing.

Toyota Avanza saat diajak melibas genangan air di Toyota Driving Experience – dok.PT TAM

Memang, jika dilihat dari volume yang dibukukan, penjualan Xpander sepanjang Juli itu meningkat lumayan dibanding Juni. Tetapi yang perlu dicatat, penjualan Xpander sepanjang bulan keenam tersebut melorot dibanding Mei yang sebanyak 5.101unit.

Tetapi, tren naik turun juga dialami Avanza. Penjualan (wholesales) mobil ini di Mei mencapai 7.362 unit. Angka ini menciut cukup dalam dibanding penjualan selama April yang sebanyak 9.104 unit.

Satu hal yang patut dicatat, meski sama-sama merasakan naik turun di bulan-bulan yang dilalui, namun di rentang waktu Januari – Juli, Toyota Avanza masih berada di posisi jawara. Total penjualan Avanza masih sebanyak 47.663 unit dan Xpander hanya 38.427 unit.  Xpander belu mampu mengalahkan Avanza dalam penjualan. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This