Penjualan Rush dan Terios Hingga Juli, Bak Langit dan Bumi

Penjualan Rush dan Terios Hingga Juli, Bak Langit dan Bumi
All New Terios, salah satu model andalan Daihatsu dipamerkan di GIIAS 2018-dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah Low SUV yang terlahir kembar dengan tampilan yang serupa meski tak sama, tapi untuk penjualan benar-benar tak serupa sekaligus tak sama. Malah, ada jarak perbedaan di antara mereka begitu jauh menganga atau ibaratnya antara langit dan bumi.

Setidaknya, itu terihat dalam rentang waktu tujuh bulan pertama tahun ini. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan di periode Januari – Juli itu penjualan dari pabrik ke diler  (wholesales) Rush, tercatat sebanyak 34.100 unit. Sedangkan Daihatsu Terios cuma 9.784 unit.

Kondisi serupa terjadi pada penjualan dari diler ke konsumen alias retail sales. Di kurun waktu ini, Toyota Rush terjual 33.400 unit, dan Daihatsu Terios yang berhasil dilego hanya sebanyak 12.221 unit.

Entah apa faktor yang menjadikan perbedaan penjualan begitu mencolok. Tetapi yang pasti, persoalan eksternal dari masing-masing perusahaan yakni kondisi pasar, juga sama.

Ilustrasi, Toyota Rush dalam versi Dress Up di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Satu catatan lagi, di bulan Juli, Daihatsu Terios juga tertinggal jauh dengan Honda HR-V 1.5. Data Gaikindo kembali menunjukan, di bulan ketujuh itu wholesales Terios tercatat sebanyak 1.080 unit.

Sedangkan pada saat yang sama, Honda HR-V 1.5 membukukan wholesales sebanyak 2.741 unit. Alhasil, penjualan Low SUV Daihatsu ini hanya bertengger di urutan ketiga.

Namun, penjualan Terios ini masih lebih bagus ketimbang Honda BR-V dan Low SUV DFSK, Glory 560. Penjualan Honda BR-V di bulan itu hanya 463 unit, sedangkan DFSK Glory 560 cuma 253 unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This