Penjualan Tepar, Datsun Masih Optimis Garap Pasar

Penjualan Tepar, Datsun Masih Optimis Garap Pasar
Ragam varian Datsun yang dipasarkan Datsun Indonesia - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Nissan Motor Distributor Indonesia (Datsun Indonesia) mengaku saat ini fokus ke peningkatan layanan purna jual dan belum ada rencana menambah varian model baru. Meski, penjualan merek mobil murah dari Nissan itu di Tanah Air terus ambrol.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di sepanjang semester pertama lalu, penjualan ritel Datsun sebanyak 4.234 unit. Jumlah ini ambrol cukup dalam jika dibanding rentang waktu yang sama tahun 2018 yang masih sebanyak 5.903 unit.

Tak hanya ritel yang susut, tetapi juga wholesales. Distribusi dari pabrik ke diler di kurun waktu itu juga ambrol hingga 50% yakni dari 7.621 unit di paruh pertama tahun lalu, menjadi 3.844 unit di tahun ini.

“Maaf, kalau penjualan saya enggak bisa komentar. Tapi dalam dunia otomotif yang (persaingannya semakin) ketat seperti sekarang, yang penting adalah bagaimana melayani konsumen dengan baik. Makanya, kami fokus ke layanan aftersales dan terus berusaha menambah atau memperbarui diler. Ada diler yang telah ada kita tingkatkan sesuai dengan standar global (Nissan-Datsun),” ungkap Head of Marketing Datsun Indonesia, Christian A.Gandawinata, saat ditemui usai konferensi pers persiapan IMX 2019, di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Ilustrasi, All New Datsun GO-Live Special Version di IMX 2018 – dok.Motoris

Hanya, soal pertambahan jumlah diler, Chrustian tak menyebut jumlahnya secara pasti. Dia hanya mengatakan, saat ini tak kurang dari 104 diler melayani penjualan, perawatan, perbaikan, hingga penyediaan suku cadang Datsun.

Soal varian model yang dijajakan, Christian memastikan untuk waktu dalam dekat ini, Datsun Indonesia – dan Datsun di pasar global – belum berniat menggelontorkan varian model anyar. Menurutnya, dari tiga model yang dipasarkan hingga saat ini, yakni Datsun GO Panca, Go+ Panca, dan Cross, masih menjadi anadalan, dan beberapa diantaranya masih terbilang masih cukup fresh.

“Ya, tentu saja, kami masih optimis dengan varian model yang ada saat ini, ditambah dengan layanan purna jual yang terus kami tingkatkan,” ucap Christian.

Hingga saat ini, Datsun Indonesia masih ditopang oleh model yang ditujukan untuk segmen LCGC yakni Datsun Go yang di dalamnya varian Active dan Live. Dan fakta berbicara, di paruh pertama tahun ini, penjualan model ini hanya 1.587 unit atau paling kecil di kelasnya.

Ilustrasi, Datsun Cross Rally Style – dok.Motoris

Data Gaikindo menunjukan, di rentang waktu itu, para pesaingnya yakni Honda Brio Satya terjual 23.338 unit, Daihatsu Ayla laku 12.793 unit, Toyota Agya 11.789 unit. Bahkan, Karimun Wagon R terjual di atas jumlah model Datsun itu, yakni sebanyak 2.362 unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This