Selama Agustus, Penjualan Tiga Jagoan Daihatsu Lesu

Selama Agustus, Penjualan Tiga Jagoan Daihatsu Lesu
Ilustrasi, Daihatsu Sigra yang merupakan kembaran dari Toyota Calya - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski di sepanjang Agustus kemarin penjualan mobilnya – baik dari pabrik ke diler (wholesales) maupun dari diler ke konsumen (ritel) tercatat meningkat – namun PT Astra Daihtasu Motor (ADM) juga menghadapi kenyataan penjualan tiga model andalannya susut. Ketiganya adalah LCGC Daihatsu Sigra, pikap Grand Max, serta Low MPV Daihatsu Xenia.

Data internal ADM, yang dirilis Jumat (13/9/2019), menunjukan, penjualan Sigra yang selama ini menjadi model terlaris merek itu – di rentang Januari hingga Juli terjual 29.923 unit – di bulan Agustus menyusut. Jika pada Juli masih sebanyak 3.808 unit, di bulan kedelapan itu hanya 3.795 unit.

Sementara, pikap Gran Max – yang selama Januari hingga Juli lalu menjadi juara dua penjualan di segmennya setelah Suzuki Carry (24.860 unit), dengan total penjualan 20.217 unit – penjualannya juga menyusut. Jika di Juli masih membukukan penjualan sebanyak 3.120 unit, pada Agustus sebanyak 2.989 unit.

Catatan muram juga ditorehkan model Low MPV Daihatsu Xenia yang di bulan kedelapan tersebut hanya terjual 1.402 unit, padahal di bulan sebelumnya sempat mencapai 1.617 unit. Kinerja ini semakin membuat performa penjualan Xenia semakin terpuruk di delapan bulan pertama tahun ini.

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Pasalnya, selama tujuh bulan sebelumnya, total penjualan mobil ini juga sudah ambrol cukup dalam. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menujukan, jika di tujuh bulan pertama tahun lalu, penjualan Xenia masih sebanyak 19.053 unit, di tahun ini hanya 14.102 unit.

Tapi, anak perusahaan di bawah payung Grup Astra ini  ini beruntung, karena penjualannya di bulan itu tertolong oleh Daihatsu Terios. Penjualan Low SUV  ini melompat hingga 78% yakni dari 923 unit di bulan Juli menjadi 1.643 unit pada Agustus.

“Kami bersyukur, saat ini suplai Terios sudah meningkat ke level sekitar 3.300 unit. Kami berharap kedepannya, pencapaian angka retail sales dapat segera mengikuti angka yang telah kami suplai pada bulan berikutnya,” kata Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, dalam keterangan resmi, Jumat (13/9/2019).

Pikap Daihatsu Gran Max – dok.Istimewa

Secara total, di bulan Agustus wholesales yang dibukukan ADM sebanyak 15.415 unit atau naik 18,5% dibanding bulan sebelumnya yang sebanyak 13.013 unit. Sedagkan penjualan ritel naik 7% yakni dari 12.805 unit di Juli menjadi 13.696 unit. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This