Versi Baru Tak Nampol, Jualan Honda BR-V Masih Ambrol

Versi Baru Tak Nampol, Jualan Honda BR-V Masih Ambrol
Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski sudah lima bulan versi anyaranya atau versi facelift-nya telah melenggang di pasar, namun kinerja penjualan Low SUV Honda BR-V masih belum menggembirakan. Dalam rentang waktu delapan bulan atau dari Januari – Agustus tercatat terjual sebanyak 2.475 unit atau ambrol 60,9% dibanding periode sama di tahun lalu yang masih sebanyak 6.330 unit.

Data internal yang disodorkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) Jumat (13/9/2019) menunjukan, di bulan Agustus saja, mobil ini hanya terjual 444 unit. Jumlah ini menciut dibanding bulan sebelumnya masih sebanyak 463 unit.

Susutnya penjualan BR-V juga sudah terjadi di semester pertama. Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, penjualan Honda BR-V di semester ini telah ambrol 46,31 % dibanding periode sama tahun lalu. Selama enam bulan pertama  tahun ini hanya sebanyak 1.622 unit.

Interior Honda BR-V versi baru – dok.Motoris

Jika dibanding pesaing yang juga penguasa segmen pasar Low SUV – yakni Toyota Rush dan Daihatsu Terios – angka yang dibukukan Honda BR-V terpaut sangat jauh. Data berbicara, penjualan dari diler ke konsumen atau ritel Toyota Rush di delapan bulan pertama tahun ini tercatat sebanyak Ritel Rush 38.000 unit.

Sementara,  wholesales Rush di kurun waktu itu sebanyak 37.400 unit. Pada saat yang sama, penjualan ritel Daihatsu Terios tercatat sebanyak 13.864 unit. Adapun wholesales-nya mencapai 13.119 unit.

Kontribusi kecil
Kontribusi penjualan Honda BR-V terhadap total penjualan Honda baik sepanjang Januari – Agustus maupun di Agustus saja, juga terbilang kecil. Data HPM menunjukan, di delapan bulan total penjualan seluruh model Honda mencapai 97.367 unit (ritel) dan 84.890 unit (wholesales).

Adapun sepanjang Agustus saja, wholesales Honda tercatat sebanyak 11.909 unit. Penjualan di bulan ini, disebut Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Billy Yusak, hasil yang positif bagi Honda.

Tampilan belakang Honda BR-V versi baru – dok.Motoris

“Terutama dari sisi penjualan ritel di mana kami mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya. Hasil ini tentunya juga membawa dampak positif terhadap level stok yang sehat di diler kami,” kata dia dalam keterangan resmi.

Sekadar catatan, di sepanjang tahun 2018 lalu, Honda BR-V terjual sebanyak 9.143 unit. Sedangkan di periode Januari – Agutus tahun itu, wholesales mobil ini tercatat sebanyak 6.330 unit.

Jumlah ini ambrol 49,63% dibanding delapan bulan pertama tahun sebelumnya yang masih sebanyak 12.568 unit. Padahal, penjualan di Januari – Agustus 2017 tersebut juga sudah longsor hingga 79,05% dibanding periode sama tahun 2016 – atau saat pertama kali diluncurkan – yang masih sebanyak 30.220 unit.

Tampilan dari sudut kiri belakang Honda BR-V versi baru – dok.Motoris

Versi facelift atau versi anyar mobil ini diluncurkan di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, April lalu. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This