Hingga Kini, Pikap Gran Max Belum Mampu Tundukkan Carry

Hingga Kini, Pikap Gran Max Belum Mampu Tundukkan Carry
Pikap Daihatsu Gran Max - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Agustus lalu penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia – termasuk kendaraan niaga jenis pikap – masih belum menderu. Di segmen pikap, andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) – Daihatsu Gran Max – masih belum mampu menundukkan pikap Suzuki New Carry.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) yang dirilis salah satu agen pemegang merek kendaraan menunjukan, di rentang waktu Januari – Juli lalu, pikap Gran Max, hanya berada di posisi kedua dalam penjualan ritel. Angkanya, 20.217 unit.

Jumlah ini terpaut cukup signifikan dibanding pesaing, yakni pikap Suzuki Carry yang terjual 24.860 unit. Artinya, Daihatsu Gran Max tertinggal 4.643 unit.

Namun, ketertinggalan belum berakhir, karena masih berlanjut di bulan Agustus. Seperti disebut dalam siaran pers PT ADM, Jumat (13/9/2019), penjualan ritel Gran Max di bulan kedelapan itu, hanya 2.989 unit (atau susut 131 unit dibanding penjualan Juli yang sebanyak 3.120 unit).

Pikap Suzuki New Carry yang diluncurkan di IIMS 2019 – dok.Motoris

Sementara, pada saat yang sama – seperti diungkap dalam siaran pers PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Selasa (17/9/2019) – penjualan ritel pikap Suzuki Carry (New Carry) justeru naik. Jumlahnya mencapai 4.931 unit atau meningkat sebesar 6,8% dibanding penjualan bulan Juli.

“New Carry yang merupakan pikap pertama di Indonesia yang dilengkapi fitur Immobilizer menjadi kontributor utama dengan porsi 54%,” tutur 4W Sales Director PT SIS, Makmur.

Lagi-lagi, kalau kita bandingkan, penjualan pikap Gran Max masih tertinggal Suzuki Carry di bulan Agustus. Selisihnya mencapai 1.942 unit. Angka yang tidak sedikit tentunya.

Meski, juga harus dicatat, amblesnya penjualan pikap Gran Max itu tak serta merta membuat total penjualan – seluruh model Daihatsu di bulan Agustus – menurun. Bahkan sebaliknya, penjualan Daihatsu di bulan itu naik.

Pikap Suzuki Carry yang diaplikasikan sebagai mobil angkutan kota – dok.Motoris

Data yang disodorkan PT ADM menyebut total wholesales selama Agustus sebanyak 15.415 unit atau naik 18,5% dibanding bulan sebelumnya yang sebanyak 13.013 unit. Sedangkan penjualan ritel naik 7% yakni dari 12.805 unit menjadi 13.696 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This