Soal Penjualan, SUV DFSK Jauh Tertinggal Dibanding Wuling

Soal Penjualan, SUV DFSK Jauh Tertinggal Dibanding Wuling
SUV Glory 580 di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Sokonindo Automobile secara resmi menggelontorkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 580 di Indonesia pada 19 Juli 2018 lalu, langkah ini kemudian disusul pabrikan – rekan satu negara dengannya dari Cina – Wuling Motors Indonesia pada Februari 2019 yang meluncurkan Wuling Almaz. Tetapi, fakta berbicara, SUV Wuling jauh lebih laris ketimbang besutan DFSK.

Adalah data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang mengungkap fakta tersebut. Data asosiasi itu menunjukan, di rentang waktu Januari – Agustus, penjualan SUV DFSK dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 1.000 unit.

Jumlah ini terdiri dari penjualan DFSK Glory 580 yang hanya sebanyak 243 unit, dan 757 unit. Padahal, di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE, Serpong, lalu, PT Sokonindo meluncurkan varian tertinggi dari Glory 580 yang diimbuhi fitur voice command i-Talk.

SUV DFSK Glory 560 yang dibekali fitur baru bernama I-Talk dipamerkan di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Jauh sebelum peluncuran varian itu, 26 Maret 2019 di Pantai Carnival, Ancol, Jakarta Utara, pabrikan itu telah memperkenalkan secara resmi model SUV baru, DFSK 560. Kemudian model ini diluncurkan secara resmi di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019, di bulan berikutnya.

Adapun Wuling Almaz, secara resmi dijajakan PT SGMW Indonesia atau Wuling Motors Indonesia sejak Februari lalu, dalam varian lima kursi penumpang. Kemudian, berbarengan dengan peluncuran varian tertinggi DFSK Glory 580, Wuling Almaz versi tujuh kursi penumpang dihadirkan di GIIAS 2019.

Versi ini juga telah diimbuhi fitur anyar voice command yang dinamai WIND. Data Gakindo mencatat, sejak diluncurkan tren penjualan Almaz terus naik.

Terbukti, sejak meluncur hingga Agustus telah terjual (wholesales) 5.409 unit. Bahkan, SUV ini menjadi tulang punggung baru bagi penjualan Wuling di Indonesia.

Ilustrasi, Wuling Almaz varan 7 kursi di booth Wuling Motors di GIIAS 2019 – dok.Motoris

“Total wholesales kami di Januari sampai Agustus sudah mecapai11.000-an unit lebih. Dari total itu, 49% diantaranya merupakan penjualan Wuling Almaz,” papar Senior Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani saat dihubungi, akhir pekan lalu. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS