Pajero Ditendang Fortuner, MU-X Masih Saja Belum Banter

Pajero Ditendang Fortuner, MU-X Masih Saja Belum Banter
Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Segmen pasar Sport Utility Vehicle (SUV) Ladder Frame hingga saat ini masih dikuasai dua merek yakni Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner – di urutan belakangnya ada Nissan Terra dan Isuzu MU-X – yang penjualannya saling salip silih berganti. Namun, di bulan Agustus lalu,jagoan Mitsubishi Motors itu berhasil “ditendang” Toyota Fortuner.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di bulan kedelapan itu Fortuner laku 1.630 unit. Sedangkan pesaing beratnya terjual 1.346 unit, atau tertinggal 284 unit.

Namun, ini bukan akhir pertarungan. Sebab, masih ada empat bulan yang tersisa untuk bersaing di antara mereka.
Angka penjualan keduanya jauh di atas para pesaing lainnya seperti Nissan Terra, Isuzu MU-X, dan Chevrolet Trailblazer. Data berbicara, sepanjang Agustus, Terra hanya laku 175 unit.

Tetapi, angka penjualan Terra ini masih mending dibanding angka penjualan yang dicatatkan Isuzu MU-X. Kendati PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sudah menggelontorkan “perangsang” baru dengan menggelontorkan varian I-Series di keluarga SUV-nya itu, ternyata tak cukup mempan.

Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo diluncurkan di gelaran GIIAS 2019 di ICE, Serpong, Tangerang – dok.Motoris

Buktinya, penjualan dari pabrik ke diler SUV ini hanya 50 unit, meski bagi IAMI, barangkali angka penjualan ini terbilang bagus, karena meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sebab, di Juni SUV ini hanya laku 20 unit, dan di bulan berikutnya35 unit.

Catatan penjualan yang lebih mengenaskan digoreskan Chevrolet Trailblazer. SUV besutan merek asal Amerika Serikat itu, di Agustus membukukan penjualan hanya sebanyak 10 unit.

Tren penjualannya berkebalikan dengan Isuzu MU-X, karena semakin jeblos. Jika di bulan Juni masih terjual 35 unit, pada bulan berikutnya cuma14 unit.

Kembali ke catatan penjualan para jawara – Pajero Sport dan Fortuner – sepanjang tahun 2018 lalu, Fortuner mengungguli Pajero.  SUV  Toyota itu menempati posisi pertama dengan total penjualan 21.459 unit. Mitsubishi Pajero Sport berada di urutan belakangnya karena hanya terjual 21.029 unit.

Ilustrasi, Nissan Terra di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Lima tahun MU-X ngesot
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di tahun ini, dari Januari-Maret penjualan Isuzu MU-X masih muram. Sepanjang Januari, penjualan nihil. Kemudian di Februari terjual 20 unit, Maret 25 unit.

Setelah itu, di Juni hanya laku 20 unit, Juli 35 unit, dan Agustus 50 unit. Lemotnya penjualan Isuzu MU-X tak terjadi kali ini saja, tetapi juga di tahun-tahun sebelumnya.

Fakta berbicara, di sepanjang tahun 2018, penjualannya hanya sebanyak 737 unit. Jumlah itu memang naik, tapi tipis, yakni 2,5% dibanding penjualan tahun 2017 yang sebanyak 712 unit.

Ilustrasi, Isuzu MU-X I Series, tipe baru SUV 7 kursi Isuzu MU-X yang dipasarkan anak perusahaan Astra, IAMI – dok.Motoris

Memang, penjualan di tahun 2017 itu meningkat dibanding tahun 2016 yang sebanyak 569 unit. Namun, angka-angka penjualan yang dibukukan – termasuk dalam beberapa tahun – masih tertinggal jauh dibanding para pesaing. Padahal, SUV ini sudah malang melintang di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2014. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This