Belasan Ribu Xpander Asal Indonesia Di-Recall di Vietnam

Belasan Ribu Xpander Asal Indonesia Di-Recall di Vietnam
Ilustrasi, Mitsubishi Xpande, salah satu Low PV yang diekspor Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Mitsubishi Motors di Vietnam, sejak Selasa (1/10/2019) kemarin menarik kembali (recall) 14.051 unit Mitsubishi Xpander yang sebelumnya diimpor dari Indonesia. Unit-unit yang di-recall tersebut merupakan unit yang diproduksi 14 Agustus 2018 dan 26 Agustus 2019.

Seperti dilaporkan laman e.vnexpress, Selasa (1/10/2019), unit-unit yang ditarik tersebut ditengarai mengalami masalah pada pompa bahan bakar (fuel pump). Akibatnya, kendaraan tiba-tiba mati atau mogok saat dikendarai. Namun, untuk unit yang diproduksi setelah 26 Agustus 2019 dinyatakan aman dari masalah tersebut.

Juru Bicara Mitsubishi di Negeri Paman Ho itu mengatakan, dari hasil penyelidikan yang dilakukan,  diketahui ada ketidaktepatan pemasangan komponen impeller plastik yang berada di dalam pompa bahan bakar. Alhasil, impeller tersebut mengembang.

Lantaran bentuknya yang berubah dan mengembang itulah, maka menghentikan pompa berputar. Masalah inilah yang menyebabkan mesin mobil mati dan mobil mogok.

Ilustrasi, ekspor Mitsubishi Xpander – dok.Kompas.com

Penarikan ini dimulai sejak 1 Oktober hingga 30 September 2021 nanti. Diler Mitsubishi setempat akan melakukan penggantian komponen yang bermasalah itu dan tidak memungut biaya apapun dari pemilik kendaraan.

“Prosesnya membutuhkan waktu sekitar 72 menit,” ujar sang Juru Bicara.

Kabar Xpander mengalami masalah di Vetnam bukan kali ini saja terdengar. Sebelumnya, laman Zing.vn, Senin (20/5/2019), melaporkan pemilik Xpander mengaku mobilnya tiba-tiba mogok. Mesin mobil itu tiba-tiba mati di tengah perjalanan. Padahal, mobil baru dipakai berjalan 9.022 kilometer.

Mitsubishi di Vietnam, saat itu menhatakan akan melaporkan kasus ini ke prinsipal yakni Mitsubishi Motors di Jepang (MMC) untuk melakukan investigasi. Mitsubishi pusat itu juga diminta untuk melakukan evaluasi teknis.

Masalah seperti ini ternyata juga terjadi di Filipina. Lagi-lagi, Xpander yang bermasalah berasal dari Indonesia. Sebab, Mitsubishi Xpander yang ada di negeri ini diimpor dari Indonesia.

Mitsubishi Xpander di IIMS 2018 – dok.Motoris

Seperti kejadian di Vietnam, pemilik mobil di negeri itu juga mengaku mobilnya tiba-tiba ngadat saat diajak berjalan. Bahkan, seorang pemilik yang tak disebutkan namanya itu mengatakan mesin mobilnya tiba-tiba mati saat digeber, meski lajunya hanya 60 kilometer per jam.

Hasil investigasi, persis dengan temuan saat ini, yakni pompa bahan bakar yang bermasalah. “Kami sangat menyesalkan ketidaknyamanan yang terjadi karena masalah teknis ini Kami mendapatkan keluhan dari sejumlah pemilik kendaraan (Xpander) soal pompa bahan bakar pada April lalu,” tutur seorang Juru Bicara Mitsubishi Filipina seperti dikutip laman Autoindustriya, 16 Mei lalu. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This