Maaf, Penjualan Terios Belum Sampai Separo Penjualan Rush

Maaf, Penjualan Terios Belum Sampai Separo Penjualan Rush
All New Daihatsu Terios di IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan ritel – atau dari diler ke konsumen langsung – Low SUV Daihatsu Terios sepanjang Agustus lalu disebut melonjak hingga 78% dibanding penjualan bulan sebelumnya, yakni dari 923 unit menjadi 1.643 unit. Lonjakan terjadi karena didukung suplai ke diler (wholesales) yang mencapai 3.300-an unit.

“Kami bersyukur, saat ini suplai Terios sudah meningkat ke level sekitar 3.300-an unit. Kami berharap kedepannya, pencapaian angka retail sales dapat segera mengikuti angka yang telah kami suplai pada bulan berikutnya,” papar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, dalam keterangan resmi, Jumat (13/9/2019) lalu.

Meski begitu, sebagai mobil kembaran Toyota Rush, Daihatsu Terios masih tertinggal jauh dalam penjualan. Khususnya di kurun waktu delapan bulan.

Data menunjukan, sepanjang tujuh bulan sebelumnya atau dari Januari hingga Juli, total penjualan ke diler (wholesales) Daihatsu Terios tercatat hanya sebanyak 9.784 unit. Pada kurun waktu yang sama, Toyota Rush membukukan wholesales sebanyak 34.100 unit.

Ilustrasi, Toyota Rush selain dijual di Indonesia juga ditujukan untuk pasar ekspor – dok.Motoris

Tak hanya di wholesales. Penjualan secara ritel pun, jagoan Daihatsu Indonesia itu juga tertinggal jauh oleh saudara kembarnya itu. Tercatat, Terios hanya mengumpulkan angka penjualan ritel sebanyak 12.221 unit, sedangkan Rush sebanyak 33.400 unit.

Artinya, dengan tambahan di bulan Agustus, total wholesales Terios hanya sebanyak 13.084 unit. Angka ini terpaut jauh dengan angka penjualan Rush yang sebanyak 37.400 unit.

Begitu pun dengan total penjualan ritel, jurang pemisah antara Terios dan Rush terlampau jauh. Di rentang waktu delapan bulan itu, total ritel Terios hanya 13.864 unit. Sementara di saat yang sama, Rush mengoleksi penjualan sebanyak 38.000 unit.

Sekadar catatan, sepanjang bulan Agustus, Toyota Rush membukan wholesales sebanyak 3.300 unit. Di bulan itu juga, penjualan ritelnya tercatat sebanyak 4.600 unit. Artinya, soal penjualan Daihatsu Terios masih sangat tertinggal oleh Toyota Rush, meski mereka mobil kembar. (Fan/Ara)

All New Terios, salah satu model andalan Daihatsu dipamerkan di GIIAS 2018-dok.Motoris

 

CATEGORIES
TAGS
Share This