Sampai September, Tata Nano Hanya Laku Satu Unit

Sampai September, Tata Nano Hanya Laku Satu Unit
Tata Nano, mobil kecil termurah di dunia diluncurkan pada tahun 2008 - dok.The News Minute

Mumbai, Motoris – Masih ingat Tata Nano mobil yang pernah diklaim sebagai termurah sejagat dan diluncurkan tahun 2008?, ternyata di tahun ini penjualannya benar-benar muram. Dalam rentang waktu Januari hingga September, hanya satu unit terjual.

Seperti dilaporkan laman Livemint dan Press Trust India, Kamis (10/10/2019), sepanjang tahun 2019 ini, Tata Motors belum sekalipun memproduksi versi anyar dari mobil mungil itu. Catatan pabrikan menunjukan, satu unit yang terjual pad Februari lalu itu, merupakan unit yang dibuat pada tahun 2018.

Di tahun lalu, mobil ini diproduksi 297 unit. Sedangkan penjualannya mencapai 299 unit, terdiri dari unit yang baru dipoduksi tahun itu  ditambah unit yang diproduksi tahun sebelumnya.

Beberapa sumber di internal pabrikan mengatakan, Tata Nano yang ada saat ini tidak memenuhi standar keselamatan dan standar emisi BS-VI, yakni standar yang ditetapkan oleh pemerintah India. Meski begitu, sampai saat ini pula, pabrikan berkantor pusat di Mumbai itu belum memberikan pernyataan resmi apakah mobil ini bakal dihentikan produksinya ataukah bakal dibuat generasi anyar yang sesuai standar.

Tata Nano dalam balutan warna kuning – dok.Siasat News Daily

Tata Motors menyebut sampai sekarang, proses produksi Tata Nano dilakukan berdasarkan manajemen permintaan. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah efisiensi ongkos dan persediaan yang digunakan. Seorang pejabat pabrikan hanya memberi isyarat tak resmi, bahwa produksi mobil ini bakal disudahi pada April 2020 nanti.

Mobil ini pada masa awal-awal diluncurkan membidik kalangan kelompok konsumen usia muda atau keluarga kecil. Harganya yang murah, penjualan pada saat awal cukup signifikan. Namun, di tahun-tahun setelahnya penjualan terus menyusut. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This