Wuling Formo Belum Berkutik di Pasar Kendaraan Niaga

Wuling Formo Belum Berkutik di Pasar Kendaraan Niaga
Wuling Formo - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga September kemarin PT SGMW Indonesia atau Wuling Motors Indonesia membukukan penjualan mobil ke diler (wholesales) sebanyak 13.808 unit. Dari jumlah ini, Light Commercial Vehicle (LCV) Wuling Formo yang dijajakan sejak November 2018 lalu, hanya menyumbang penjualan sebanyak 152 unit.

Artinya, saban bulannya hanya ada 16 – 17 unit Wuling Formo yang terjual. Tetapi ingat, ini hanya wholesales alias distribusi dari pabrik Wuling ke diler, bukan ke konsumen. Jika saat ini jumlah diler Wuling ada 120 diler, maka tak sampai 2 unit Formo yang dilego.

Meski, dari data yang diberikan Wuling Motors Indonesia menunjukan adanya tren peningkatan. Sebab, di rentang waktu Januari – Agustus, wholesales Formo tercatat sebanyak 130 unit, dari total wholesales 11.759 unit.

Lantas, mengapa kendaraan komersial Wuling ini masih belum bisa “berkutik”di segmen kendaraan niaga di Indonesia? Senior Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, punya alasan.

Tampilan Wuling Formo dari sudut belakang kiri, terlihat velg masih menggunakan velg kaleng yang tentunya disesuaikan dengan harga – dok.Motoris

“Memang, kami saat ini lebih fokus ke passanger vehicle (kendaraan penumpang). Meski, kami juga melengkapi varian-varian model yang kami tawarkan dengan menghadirkan commercial vehicle Formo ini,” ungkap Dian saat dihubungi, di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Terlebih, lanjut Dian, fakta menunjukan penjualan ritel alias penjualan lansung ke konsumen juga tak jauh dari angka wholesales atau jumlah mobil yang didistribusikan. Termasuk Formo. “Angka retail sales-nya tidak jauh dari itu (jumlah wholesales),” ucapnya.

Namun, tantangan yang dihadapi Formo tidaklah ringan. Di segmen terdapat Daihatsu Gran Max dan Suzuki APV. (Ara)

Ilustrasi, Wuling Formo diluncurkan di Jakarta, 7 November 2018 dan dibanderol mulai Rp 135,8 juta – dok.Motoris

CATEGORIES
TAGS
Share This