Sudah “All New”, Penjualan Daihatsu Sirion Masih Saja Segitu

Sudah “All New”, Penjualan Daihatsu Sirion Masih Saja Segitu
Daihatsu All New Sirion - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Meski telah berstatus ‘All New” dengan serangkaian ubahan yang cukup signifikan, sejak diluncurkan posisi penjualan citycar Daihatsu Sirion masih saja jauh tertinggal para pesaing. Bahkan, di rentang waktu Januari – Agustus lalu, meski penjualannya (wholesales) melonjak 52,87%, namun angkanya masih terpaut jauh dibanding para pesaing.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang delapan bulan itu penjualan Sirion ke diler (wholesales) sebanyak 1.330 unit. Sementara di kurun waktu yang sama tahun lalu, masih sebanyak 870 unit.

Dengan penjualan sebanyak itu – hingga akhir Agustus kemarin – Sirion masih berada di urutan keempat, dan tertinggal jauh dalam angka penjualan dari para rival. Terutama dua penguasa pasar, yakni Honda Brio dan Suzuki Ignis.

Marketing Director PT Astra Daihatu Motor, Amelia Tjandra, tak menampik kenyataan tersebut. Di sela sebuah acara di Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/10/2019) lalu, dia mengakui itu. Meski disebutkan penjualan ritel atau penjualan langsung dari diler ke konsumen mencapai 1.093 unit, tapi masih tertinggal.

Daihatsu All New Sirion masih tertinggal jauh oleh Honda Brio RS yang kini menjadi “penguasa” pasar Citycar di Indonesia – dok.Motoris

“Jumlah ini naik 17% dibanding tahun lalu. Kita masih di peringkat keempat. Terkait unit, tidak ada inden,” ujar Amelia.

Fakta berbicara, di rentang waktu Januari – Agustus itu, wholesales Honda Brio RS mencapai 9.431 unit atau naik 17,2%. Sedangkan Suzuki Ignis, meski ambrol hingga 68,8% – yakni dari 10.855 unit di tahun lalu, kini menjadi 3.396 unit- namun, masih jauh di atas Sirion. Artinya, dibanding para pesaing ini, penjualan Sirion – yang notabene hadir lebih duluan di pasar – masih jomplang.

Bahkan di 11 bulan pertama atau dari Januari – November tahun 2018 lalu, penjualan citycar Daihatsu yang diimpor dari Malaysia ini penjualannya juga ambles 25,88% dibanding rentang waktu yang sama tahun 2017. Saat itu, Sirion terjual 1.249 unit.

Daihatsu All New Sirion saat diluncurkan – dok.Kompas.com

Padahal, penjualan di sepanjang tahun 2017 itu juga sudah longsor dibanding tahun sebelumnya. Total penjualan tahun 2017 tercatat sebanyak 1.790 unit, padahal di tahun sebelumnya masih sebanyak 2.950 unit. (Kur/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This