Sudah Naik 4,4%, Penjualan Sigra Masih Saja Ketendang Calya

Sudah Naik 4,4%, Penjualan Sigra Masih Saja Ketendang Calya
New Astra Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe - dok.ADM

Jakarta, Motoris – Mobil murah ramah lingkungan (LCGC) jenis MPV Daihatsu Sigra penjualannya secara ritel (dari diler ke konsumen) di rentang Januari –September mencapai 37.241 unit yang sekaligus menjadikannya sebagai mobil terlaris Daihatsu di periode itu. Namun, jumlah penjualan ini masih tertinggal oleh kembarannya – sekelas dan sejenis – Toyota Calya.

Padahal, di sembilan bulan pertama itu, penjualan ritel Sigra disebut telah naik 4,4% dibanding penjualan pada periode sama di tahun lalu. Bahkan, memberi sumbangan 29,2% terhadap total penjualan Daihatsu di Indonesia, atau menjadi model terlaris merek itu.

“Kami bersyukur, hingga kuartal 3 penjualan Sigra menunjukkan tren positif. Kami berharap New Astra Daihatsu Sigra yang baru diluncurkan pada September 2019 lalu, bisa mewujudkan impian masyarakat Indonesia untuk memiliki kendaraan keluarga yang handal,” tutur Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, dalam keterangan resmi, yang dikirimkan Rabu (16/10/2019).

Tampilan belakang New Astra Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe – dok.ADM

Data yang disuguhkan PT ADM menunjukan, penjualan Sigra dari pabrik ke diler (wholesales) di Januari – September lalu tercatat sebanyak 28.283 unit atau naik 2,5% dibanding tahun lalu. Penjualan dari diler ke konsumen (ritel) di rentang waktu yang sama – tahun ini – 37.241 unit, atau naik 4,4% dibanding masa sama pada tahun lalu yang sebanyak 35.685 unit.

Adapun data yang disajikan PT Toyota Astra Motor, Senin (14/10/2019) lalu menunjukan, wholesales Toyota Calya di periode itu sebanyak 36.400-an uni. Penjualan ritel-nya sebanyak 40.600 unit.

Artinya, penjualan Calya masih jauh lebih banyak dibanding Sigra.  LCGC 7 penumpang Daihatsu itu, masih “ketendang” saudara kembarnya. Sebab, bukan tahun ini saja, Sigra tertinggal.  Tahun 2018 lalu pun, wholesales-Sigra juga tertinggal sangat jauh dari Calya.

Toyota New Calya – dok.Motoris

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, selama setahun penuh di 2018 (Januari – Desember) wholesales Calya sebanyak 63.970 unit. Adapun Sigra 50.907 unit, alias terpaut 13.963 unit di belakang Calya. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This