Mazda CX-5 Turbo Serbu Thailand, di RI Versi Biasa Masih Merana

Mazda CX-5 Turbo Serbu Thailand, di RI Versi Biasa Masih Merana
Mazda CX-5 Turbo - dok.Autoblog

Bangkok, Motoris – Setelah merangsek pasar Malaysia, kini medium SUV Mazda CX-5 versi berturbo segera menggebrak pasar Thailand. Hajatan Thailand International Motor Expo 2019 yang berlangsung 29 November – 10 Desember nanti diduga bakal menjadi ajang peluncuran.

Seperti dilaporkan laman Headlightmag, belum lama ini, versi dengan imbuhan turbo ini masih menggunakan mesin 2.500cc SkyActiv-G seperti yang diusung versi sebelumnya. Bedanya hanya pada turbo yang menghasilkan tenaga lebih besar, yakni menjadi 228 hp dengan torsi 420 Nm.

Mazda Motor belum memberikan informasi rinci soal spesifikasi CX-5 Turbo yang bakal dijajakan di Negeri Gajah Putih itu. Namun, yang pasti, penjualan mobil ini di negara itu juga cukup mencorong.

Lantas bagaimana dengan kemungkinan meluncur di Indonesia? Belum ada kabar. Tetapi yang pasti, seperti tren di segmen pasar SUV di Tanah Air, dimana para agen pemegang merek berlomba menggelontorkan versi model berturbo, kehadiran Mazda CX-5 kemungkinan besar menjadi “suplemen” energi baru dalam penjualan.

Mazda CX-5 Turbo – dok.Paultan.org

Maklum, fakta menunjukan, penjualan Mazda CX-5 hingga saat ini masih tertinggal jauh oleh pesaing, seperti Honda CR-V, atau bahkan pendatang baru Wuling Almaz. Data yang terekam selama beberapa bulan yang terjadi setelah kehadiran Wuling Almaz pada Februari lalu – untuk lebih mudah dan fair dalam membandingkan – ternyata Mazda CX-5 masih tertinggal.

SUV ini masih keteteran menghadapi dua pesaingnya itu. Selama Feruari misalnya, Wuling Almaz terjual 568 unit, Honda CR-V 534 unit, dan Mazda CX-5 128 unit.

Bulan berikutnya, atau Maret, Almaz membukukan penjualan 397 unit, dan CR-V 270 unit. Di saat yang sama, Mazda CX-5 hanya laku 159 unit.

Kondisi yang seupa juga terjadi di April. Andalan Mazda itu hanya terjual 174 unit. Padahal, di saat yang sama Honda CR-V sudah mengantongi penjualan sebanyak 750 unit, dan Wuling Almaz 1.130 unit.

Berikutnya di Juni. Saat Honda CR-V terjual 811 unit dan Almaz 596 unit, Mazda CX-5 hanya sebanyak 63 unit. Pada bulan Juli masih sami mawon, alias tertinggal.

Mazda CX-5 Turbo saat dites di musim dingin – dok.The Truth about Cars

Sepanjang bulan ketujuh itu, Honda CR-V terjual 1.136 unit, Wuling Almaz 1.068 unit. Mazda CX-5 cuma membukukan penjualan 210 unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia kebali menunjukan, di Agustus, Mazda CX-5 Masih tertinggal. Saat itu Honda CR-V terjual 1.240 unit dan Wuling Almaz: 1.022 unit. Sementara Mazda CX-5 hanya laku 204 unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This