Sembilan Bulan Penjualan Suzuki Mengkerut 21,53%

Sembilan Bulan Penjualan Suzuki Mengkerut 21,53%
Suzuki Ignis, salah satu mobil yang masih diimpor secara utuh oleh Suzuki Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – September penjualan mobil Suzuki dari pabrik ke diler (wholesales) tercatat hanya sebanyak 71.469 unit atau mengkerut 21,53% dibanding rentang waktu yang sama tahun lalu. Namun, jumlah distribusi bulanan sejak awal semester dua lebih baik dibanding semester sebelumnya.

Seperti terungkap dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyusutnya penjualan merek berlambang S itu, dipicu oleh amblesnya penjualan produk impor, terutama citycar Suzuki Ignis.Fakta berbicara, di rentang delapan bulan pertama atau Januari – Agustus, mobil itu hanya terjual 3.396 unit.

Jumlah tersebut ambrol 68,8% dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 10.855 unit. Ignis yang di tahun 2018 lalu menjadi “penguasa” pasar citycar, tahun ini lengser dan hanya berada di urutan kedua.

Soal ambrolnya penjualan itu, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Makmur menyebut, karena perusahaan saat ini tengah fokus untuk menggenjot penjualan model-model yang diproduksi di dalam negeri.

Ilustrasi, Suzuki Baleno, salah satu mobil yang dipasarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales – dok.Motoris

“Karena di tahun ini kami lebih fokus ke unit-unit CKD (Completely Knock Down) seperti Suzuki Ertiga dan pick up (New Carry). Untuk pick up target kami sebanyak 5.000 unit (per bulan) serta mempertahankan posisi sebagai pemegang market share nomor satu atau sebagai rajanya pick up (di Indonesia),” tutur Makmur, saat dihubungi Motoris, di Jakarta, Senin (14/10/2019) lalu.

Makmur tak asal bicara. Buktinya, di kurun waktu Januari – September,produk-produk produksi dalam negeri terutama pikap All New Carry dan All New Ertiga memang mendominasi. Jumlahnya 62.302 unit, atau setara dengan 87,2% dari total penjualan.

Distribusi (wholesales) bulanan Suzuki pun sejak awal semester dua yakni Juli hingga September pun membaik. Jika sebelumnya rata-rata 6.000 – 7.000 unit per bulan di periode semester pertama, sejak Juli lalu rata-rata 8.000 unit saban bulan.

Suzuki Carry masih menjadi penguasa pasar low pickup di Indonesia – dok.Motoris

Data Gaikindo yang dirilis PT Astra International Tbk, Kamis (17/10/2019) menunjukan, di September lalu, wholesales Suzuki mencapai 8.118 unit. Distribusi ini didominasi model buatan dalam negeri. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This