Penjualan Honda Ambles 17,34%, Masih Bertumpu ke Brio

Penjualan Honda Ambles 17,34%, Masih Bertumpu ke Brio
Ilustrasi, All New Brio Satya, LCGC Honda - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil Honda di Indonesia selama rentang Januari hingga September lalu tercatat lesu. Penjualan ke diler (wholesales) merek ini hanya 97.321 unit atau ambles 17,34%, dan penjualan ke konsumen (ritel) menyusut 9,9%.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan di sembilan pertama itu, penjualan ritel mobil Honda yang dibukukan PT Honda Prospect Motor (HPM) sebanyak 109.691 unit. Padahal, di periode sama tahun lalu, penjualan ritel Honda tercatat masih sebanyak 121.873 unit.

Menariknya, kini tak seperti tiga atau empat tahun lalu dimana Low MPV Honda Mobilio dan SUV menjadi penopang penjualan, kini hatchback Honda Brio – baik RS maupun Satya – yang lebih dominan. Ini diakui Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy.

Dalam keterangan resmi, belum lama ini, dia mengatakan penjualan Brio menjadi kontributor terbesar penjualan Honda sepanjang hingga kini. Porsinya mencapai 46% dari total penjualan.

Honda Mobilio versi baru diluncurkan di Jakarta, 21 Februari 2019 – dok.Motoris

Faktanya memang seperti itu. Data yang dikompilasi Gaikindo menunjukan, di enam bulan pertama atau dari Januari – Juni, Brio terjual 23.338 unit. Angka ini setara dengan 39% dari total penjualan di periode itu yang sebanyak 59.087 unit.

Masih mendominasi
Dominasi Brio terhadap penjualan mobil Honda yang dipasarkan HPM, juga masih terjadi di tiga bulan pertama semester kedua, yakni dari Juli – September. Seperti diungkap Billy Yusak dalam keterangan resmi, Sabtu (12/10/2019), dari total penjualan sebanyak 38.152 unit, Brio menyumbang 18.466 unit, yakni terdiri dari 14.200 unit Brio Satya dan 4.266 unit Brio RS.

“Meskipun pasar otomotif secara umum masih mengalami tekanan, Honda memasuki semester kedua di tahun ini dengan tren positif karena didukung produk-produk yang diminati konsumen, juga berbagai program penjualan yang memberikan nilai lebih bagi konsumen,” tutur Yusak.

Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 – dok.Motoris

Jumlah penjualan Brio itu, jauh di atas Honda HR-V yang hanya 6.471 unit, Mobilio yang sebanyak 4.563 unit, dan Honda Jazz yang terjual 3.075 unit. Terlebih dibanding Honda BR-V yang di rentang waktu itu terjual 1.356 unit, atau Honda CR-V yang terjual 2.868 unit.

Bahkan penjualan secara kumulatif Honda BR-V dari Januari hingga September hanya 2.978 unit. Sedangkan Honda CR-V di kurun waktu yang sama, hanya membukukan penjualan sebanyak 6.868 unit. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This