September, Penjualan Sigra Masih Tertinggal Jauh Calya

September, Penjualan Sigra Masih Tertinggal Jauh Calya
Ilustrasi, New Astra Daihatsu Sigra yang merupakan model terlaris di jajaran mobil Daihtasu hingga September lalu - dok.ADM

Jakarta, Motoris – Mobil murah ramah lingkungan (LCGC) jenis MPV Toyota New Calya dan Daihatsu New Sigra meluncur ke pasar mobil di Indonesia berbarengan pada 16 September lalu. Namun, hasil penjualan Sigra anyar itu jauh tertinggal di banding sudaranya, Calya.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, selama September wholesales Toyota New Calya mencapai 6.111 unit. Sedangkan, di waktu yang sama, penjualan ke diler New Sigra hanya 3.932 unit. Artinya, terpaut 2.000 unit lebih.

Sejatinya, ketertinggalan dengan selisih yang cukup jauh tak hanya terjadi di bulan September saja, tetapi juga di bulan-bulan sebelumnya. Lagi-lagi, data Gaikindo mengungkapkannya.

Ilutrasi, Toyota New Calya – dok.Motoris

Menurut data asosiasi industri ini, secara kumulatif Januari hingga September penjualan Daihatsu Sigra ke diler (wholesales) tercatat sebanyak sebanyak 28.283 unit atau naik 2,5% dibanding tahun lalu. Penjualan dari diler ke konsumen (ritel) di rentang waktu yang sama 37.241 unit, atau naik 4,4% dibanding masa sama pada tahun lalu yang sebanyak 35.685 unit.

Namun, penualan Toyota Calya ternyata jauh lebih banyak. Data yang disajikan PT Toyota Astra Motor menunjukan, pada periode sembilan bulan pertama itu, wholesales Calya sebanyak  36.400-an unit. Penjualan ritel-nya sebanyak 40.600 unit. (Fan/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This