Mirage Anyar akan Meluncur, di RI Torehkan Catatan Suram

Mirage Anyar akan Meluncur, di RI Torehkan Catatan Suram
Ilustrasi, Mitsubishi Mirage versi terbaru - dok.Autoidustriya

Tokyo, Motoris – Mitsubishi Motors di Thailand disebut-sebut bakal meluncurkan versi paling anyar hatchback Mirage di hajatan Thailand Motor Expo 2019, pada November ini. Mirage yang merupakan model global itu dikabarkan mendapatkan polesan anyar pada tampilan maupun platform yang digunakan.

Seperti dilaporkan laman Headlightmag, belum lama ini, Mirage paling gres itu tampangnya menggunakan gaya desain Dynamic Shield. Artinya, secara tampilan, wajah Mirage ini bakal mirip dengan Xpander yang menggunakan bahasa desain serupa.

Tapi, tak persis 100%, karena ada beberapa perbedaan. Dalam foto spyshot yang diunggah media itu, posisi headlamp (lampu utama) Mirage tetap berada di atas dengan rumah lampu besar dan DRL yang kemungkinan disatukan. Sedangkan lampu utama Xpander berada di bawah, dan di bagian atasnya terdapat DRL dengan bentuk menyipit.

Sementara seperti dilaporkan laman Autoindustriya, Selasa (29/10/2019), Kepala Desainer Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Tsunehiro Kunimoto memberikan kisisi-kisi soal Mirage paling baru itu. Kendati, dia tak menyebutkan kapan versi anyar ini bakal diluncurkan.

Dalam wawancara dengan media itu di sela hajatan Tokyo Motor Show 2019, Kunimoto mengatakan Mirage edisi terbaru itu mengadopsi platform CMF-B. Platform ini merupakan platform buah aliansi Renault dan Nissan yang kini juga digunakan oleh Renault Clio dan Nissan March atau Micra.

Teaser peluncuran Mitsubishi All New Mirage – dok.Headlightmag

Lantas akankah All New Mirage itu nantinya juga bakal dibawa dan dijajakan di Indonesia oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)? Entahlah. Tetapi yang pasti, di sela Annual Media Gathering with Mitsubishi Motors (MMKSI) Family di Jakarta, Maret lalu, Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura memberi sinyal negatif.

“Sejujurnya, kami tidak punya rencana untuk meneruskan atau memperkenalkan Mirage yang baru ke pasar Indonesia,” kata dia saat itu.

Suram di RI
Penjualan Mirage model lawas di Indonesia memang tak cemerlang. Bahkan,tycar yang dihadirkan di Tanah Air sejak beberapa tahun terakhir sebelum dihentikan penjualannya pada November 2018 lalu, terus ambrol. Catatan penjualannya suram.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, saat pertama kali diluncurkan tahun 2012, Mirage terjual 3.163 unit. Bahkan, di tahun 2015 mencapai angka tertinggi yakni sebanyak 6.551 unit. Pada 2016, MMKSI menyodorkan versi penyegaran.

Tetapi, kehadiran New Mirage itu ternyata tak bertaji. Terbukti, penjualan di tahun itu malah longsor dibanding tahun 2015, yakni hanya 1.674 unit.

Mitsubishi New Mirage – dok.CarandDriver

Data Gaikindo itu juga menunjukan, di rentang waktu Januari November 2017, Mirage hanya laku 1.604 unit. Padahal di rentang waktu yang sama tahun sebelumnya menyentuh angka 2.833 unit.

Tahun 2018, catatan penjualan semakin suram. Tercatat, di sepanjang semester pertama Mirage hanya membukukan penjualan (wohlesales) sebanyak 259 unit. Penjualan hanya terjadi di rentang Januari – Maret saja, sebab April hingga Juni ternyata nihil alias nol. (Yus/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This