Soal Keamanan, Datsun Redi-GO Cuma Dapat Satu Bintang

Soal Keamanan, Datsun Redi-GO Cuma Dapat Satu Bintang
Datsun Redi GO - dok.The National

Mumbai, Motoris – Akhir Oktober lalu Global New Car Assessment Programme (Gloal NCAP) menggelar uji tabrak terhadap mobil-mobil baru di India, salah satunya hatchback Datsun Redi-GO. Setelah dilakukan serangkaian uji, mobil ini hanya mendapatkan satu bintang saja.

Seperti dilaporkan laman The Hindu dan India Today, belum lama ini, mobil lima kursi ini mendapatkan nilai cukup memuaskan dalam hal perlindungan kepala dan leher penumpang di bagian depan. Namun, untuk perlindungan dada pengemudi di mobil ini sangat buruk.

“Dengan hasil uji seperti itu, (Datsun) Redi-GO hanya mendapatkan bintang satu,” bunyi pernyataan Global NCAP.

Padahal, Redi-GO merupakan satu-satunya mobil di kelasnya yang memiliki fitur pengingat sabuk pengaman. Datsun dRedi-G India telah melakukan upgrade Redi-GO untuk memenuhi staandar keamanan AIS-145 yang ditetapkan pemerintah.

Ilustrasi, Datsun Redi-GO facelift – dok.Autocar India

Sehingga, mobil ini telah mendapatkan fitur ABS, airbag samping pengemudi, sensor parkir belakang, sistem peringatan dini , hingga pengingat penggunaan sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang di depan

Namun, dalam hal perlindungan penumpang anak-anak masih mending. Redi-GO mendapat peringkat bintang dua.

Perngkat bintang diberikan, karena sabuk reel statis sabuk pengaman kursi di kursi belakang tidak tidak bisa “mengamankan” kursi anak saat terjadi tabrakan. Dalam prosesi uji tabrak ini Global NCAP memasang dummy boneka berusia tiga tahun dan 18 tahun sebagai obyek penderita dari tabrakan. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This