Bidik Milenial, Penjualan Sirion Masih Terpental

Bidik Milenial, Penjualan Sirion Masih Terpental
Manajemen Daihatsu dan HIN berfoto bersama di depan salah satu unit display modifikasi Daihatsu Sirion pada 23 November 2019 di Ecovention, Ancol , Jakarta Utara- dok.ADM

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari–September 2019, penjualan ritel Daihatsu Sirion diklaim meningkat dibanding rentang waktu yang sama tahun sebelumnya. Namun, penjualan city car Daihatsu ini masih terpental jauh dibanding para pesaing.

Data internal PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebut selama sembilan bulan pertama tahun ini, penjualan ritel Sirion 1.490 unit. Jumlah ini meningkat dibanding kurun waktu yang sama tahun 2018 lalu, 1.242 unit.

Meningkatnya penjualan ini, kata Head Corporate Planning and Communication PT ADM, Elvina Afny, tak lepas dari banyaknya kegiatan yang digelar untuk menyasar konsumen usia muda atau milenial.

“Sehingga Sirion yang beberapa waktu lalu masih terjual sekitar 100 unit per bulan, sekarang naik menjadi sekitar 120 -130 unit per bulan karena banyaknya aktivitas yang menjangkau anak muda,” papar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (24/11/2019).

Baca juga: Ternyata, Penjualan Ritel Tahunan Daihatsu Masih Lesu

Sementara, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, di periode Januari hingga September itu, penjualan Sirion ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 1.490 unit. Bahkan sebelumnya, yakni dari Januari – Agustus, wholesales mobil yang diimpor dari Malaysia itu mencapai 1.330 unit.

Daihatsu All New Daihatsu Sirion – dok.Mobil123.com

Jumlah ini naik signifikan yakni 52, 87% dibanding kurun waktu sama tahun 2018 yang sebanyak 870 unit.Namun, wholesales Sirion di sembilan pertama tahun ini masih sanat jauh dibanding para pesaing yang menjadi “penguasa” pasar, seperti Honda Brio RS, Suzuki Ignis, serta Datsun Cross.

Baca juga: Sudah “All New”, Penjualan Daihatsu Sirion Masih Saja Segitu

Pada rentang waktu itu, Honda Brio RS terjual sebanyak 11.155 unit, Suzuki Ignis 3.818 unit, dan Datsun Cross sebanyak 3.818 unit. Padahal, Ignis pada sembilan itu wholesales-nya ambles dibanding tahun lalu.

Begitu pula dengan Datsun Cross, yang sejak Juli hingga September tak mencatatkan laporan penjualan. Artinya, meski terbukti membukukan kenaikan selama periode itu, namun kinerja penjualan Daihatsu Sirion masih tertinggal dibanding para pesaingnya. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This