Kesenjangan Penjualan Xenia – Avanza Masih Menganga

Kesenjangan Penjualan Xenia – Avanza Masih Menganga
Ilustrasi, Daihatsu Xenia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski di bulan Oktober tercatat membukukan kenaikan penjualan – baik dari pabrik ke diler (wholesales) maupun dari diler ke konsumen (ritel). Namun kinerja penjualan Daihatsu Xenia masih tertinggal jauh kembarannya, Toyota Avanza.

Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jumat (22/11/2019), menyebut penjualan ritel Xenia sepanjang Oktober tercatat 1.635 unit. Pada saat yang sama – seperti dinyatakan data internal PT Toyota Astra Motor – penjualan ritel Toyota Avanza 7.800-an unit.

Penjualan ke diler (wholesales) Toyota Avanza di bulan ke sepuluh itu sebanyak 8.816 unit. Jumlah ini memciut dibanding penjualan seanjang September yang mencapai 9.476 unit.

Baca juga: Xenia Tertinggal Pesaing dan Ketendang Wuling, Ini Kata Daihatsu

Kendati begitu, jumlah yang dibukukan Low MPV Toyota itu masih jauh lebih tinggi dibanding kembarannya, Daihatsu Xenia. Mobil andalan Daihatsu itu, terdistribusi sebanyak 2.106 unit pada Oktober. Padahal, angka yang dibukukan Xenia di bulan itu sudah tercatat lebih baik dibanding September yang hanya 1.919 unit.

Ilustrasi, Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Tertinggalnya penjualan Xenia oleh Avanza sudah terjadi di bulan-bulan sebelumnya. Pada bulan September misalnya, wholesales Daihatsu Xenia sebanyak 1.919 unit, dan Avanza 9.476 unit.

Sedangkan di bulan Agustus Xenia hanya membukukan wholesales sebanyak 462 unit. Sementara Avanza sebanyak 8.017 unit.

Baca juga: Penjualan Daihatsu Ambles, Xenia dan Terios Tertinggal Sigra

“Selama Oktober 2019 penjualan Avanza-Veloz tembus hingga lebih dari 8.000 unit dengan market share tertinggi di kelasnya, sebesar 38%. Avanza yang telah menjadi Part of Indonesia Greatness selama 16 tahun terakhir, dapat mempertahankan posisi nomor satu sebagai MPV terlaris di kelasnya,” kata Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, dalam keterangan resmi, Senin (25/11/2019).

Salah satu acara dalam rangkaian festival Avanza-Veloz Sebangsa – dok.TAM

Menurut Soerjo, penjualan Avanza-Veloz di tahun ini naik sebesar 8,9% dibanding tahun lalu. Kinerja merupakan capaian yang luar biasa, mengingat pasar Low MPV pada saat yang sama terkoreksi 11,8% . (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This