Mitsubishi Xpander Asal Indonesia Di-recall di Filipina

Mitsubishi Xpander Asal Indonesia Di-recall di Filipina
Ilustrasi, Mitsubishi Xpander - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Low MPV Mitsubishi Xpander yang diekspor Mitsubishi Motors Indonesia kemali ditarik atau di-recall di negara tujuan ekspor. Jika sebelumnya – pada Oktober lalu – di Vietnam, kini kabar paling gres menyebut mobil itu ditarik di Filipina.

Musababnya sama, yakni dikarenakan fuel pump atau pompa bahan bakar yang bermasalah. Akibat masalah itu mesin mobil tiba-iba mati di saat dikendarai. Memang, hingga kini tidak ada laporan yang menyebut telah terjadi kecelakaan dan telah terjai korban luka atau meninggal akibat masalah tersebut.

Meski begitu, masalah seperti ini tetap memiliki potensi berbahaya. Terlebih, jika mobil tengah melaju kencang dan tiba-tiba mesin mati di tengah perjalanan.

Laman resmi Mitsubishi Motors Filipina menyebut, pengumuman penarikan secara resmi dilakukan Jumat (6/12/2019). Langkah itu dilakukan setelah sejak Mei lalu, Mitsubishi setempat mendapatkan keluhan dari sejumlah pemilik kendaraan.

Ilustrasi, – dok.Motoris

Meski tidak menyebutkan berapa jumlah yang di-recall, namun dipasyikan Mitsubishi Xpander tersebut berasal dari Indonesia. Langkah recall itu ditempuh, setelah Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) dan Mitsubishi Motor Corporation (MMC) melakukan investigasi atas keluhan para pemiik kendaraan.

MMPC meminta pemilik kendaraan yang melakukan pembelian Xpander pada Mei 2018 hingga 22 Oktober 2019 agar membawa kendaraannya ke bengkel resmi untuk diperbaikai. “Proses perbaikan (komponen fuel pump) membutuhkan waktu satu setengah jam,” bunyi keterangan MMPC.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) Naoya Nakamura, mengaku mendapatkan informasi soal recall Xpander di Negeri Pisang tersebut. Lantaran itulah, sebut Nakamura, MMKSI akan terus mewaspadai kemungkinan masalah

“Jika kami menemukan sesuatu (masalah) kami akan segera bertindak. Saya sampaikan kepada konsumen Mitsubshi, jika memang punya kekhawatiran soal itu silakan menghubungi diler kami,” papar dia di Tangerang, akhir pekan kemarin.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander model pertama – dok.Motoris

Sebelumnya, seak 1 Oktober lalu, Mitsubishi Motors di Vietnam me-recall 14.051 unit Xpander yang ada di tangan konsumen, karena mengalami masalah pada fuel pump. Mobil yang ditarik diidentifikasi sebagai Xpander buatan Mitsubishi Indonesia, Cikarang, Jawa Barat, yang diproduksi pada periode 14 Agustus 2018 hingga 26 Agustus 2019. (Ngs/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This