Isuzu mu-X Masih Gelagapan Kejar Pajero dan Fortuner

Isuzu mu-X Masih Gelagapan Kejar Pajero dan Fortuner
Ilustrasi, mobil Isuzu MU-X versi anyar yakni MU-X I series yang dijajakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski telah diluncurkan versi anyarnya, i-Series – yang diklaim sebagai model untuk mengakomodir konsumen yang hendak berpindah dari model lain ke SUV – ternyata penjualan Isuzu mu-X masih saja tertinggal dari pesaing. Angka penjualan, sejak diluncurkannya i-Series pada Juli lalu di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) masih saja pas-pasan.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, penjualan Isuzu mu-X dari pabrik ke diler (wholesales), di bulan Oktober tercatat hanya sebanyak 141 unit. Sedangkan, pada saat yang sama, para pesaing sudah terjual ribuan unit.

Toyota Fortuner misalnya, terjual 1.606 unit. Begitu pun dengan Mitsubishi Pajero Sport yang mencatatkan angka penjualan sebanyak 1.369 unit.

Namun, jauhnya ketertinggalan Isuzu mu-X dengan dengan dua jenama yang berasal dari negara yang sama dengannnya itu, bukan kali itu saja terjadi. Dua bulan setelah i-Series digelontorkan ke pasar pun (yakni Juli dan Septemer) mu-X juga masih belum bisa “berbicara” apa-apa di hadapan Fortuner dan Pajero Sport.

Tampilan belakang Isuzu MU-X I Series – dok.Motoris

Tercatat, pada bulan Agustus, SUV ladder frame andalan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) itu hanya laku 50 unit. Pada bulan berikutnya atau September, malah longsor karena hanya terjual 19 unit saja.

Lagi-lagi, data di Gaikindo menunjukan, Isuzu mu-X mega-megap jika harus disandingkan dengan Fortuner dan Pajero Sport. Sebab sepanjang Agustus Fortuner terjual 1.630 unit, September 1.075 unit dan Oktober 1.606 unit.

Sementara Pajero Sport pada Agustus membukukan penjualan 1.346 unit, September: 1.098 unit, dan Oktober: 1.369 unit. Itulah faktanya.

Ilustrasi, Isuzu MU-X I Series, tipe baru SUV 7 kursi Isuzu mu-X di GIIAS 2019, Juli lalu – dok.Motoris

Sebelumnya sudah miris
Memang, kalau dilihat sebelum-sebelumnya penjualan mu-X memang miris. Fakta berbicara, meski berada di tren kenaikan, namun angkanya masih di bawah 200 unit.

Sepanjang Januari, penjualan SUV ini nihil. Kemudian di Februari terjual 20 unit, dan bulan Maret laku 25 unit.Mei 10 unit, Juni 20 unit, Juli 35 unit, Agustus sebanyak 50 unit.

Padahal, di sepanjang kuartal pertama Pajero Sport dan Toyota Fortuner, membukukan penjualan ribuan unit. Konkretnya, Fortuner terjual 4.411 unit dan Pajero Sport 4.759 unit. Perbedaaan yang sangat tajam dibanding mu-X.

Tetapi tidak berdayanya penjualan mu-X di hadapan dua pesaingnya itu, sudah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Di sepanjang tahun 2018 misalnya, penjualannya hanya sebanyak 737 unit.

Tampilan belakang Isuzu mu-X I Series yang dibanderol RP 499 juta on the road Jakarta – dok.Motoris

Jumlah itu memang naik, tapi tipis, yakni 2,5% dibanding penjualan tahun 2017 yang sebanyak 712 unit. Namun, sekali lagi, masih jauh tertinggal meski sudah lima tahun lebih malang melintang di pasar.

Fakta berbicara, tahun 2018, Toyota Fortuner membukukan penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales sebanyak 21.459 unit. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport di saat yang sama terjual sebanyak 21.029 unit.

Amunisi baru
Sebelumnya, Marketing Division Head PT. Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation Andy Dwi Zatmoko di sela-sela kegiatan tes drive Isuzu MU-X i-series di Sukabumi, Jawa Barat (14/11/2019) lalu sempat berujar, sejak diluncurkan, Isuzu mu-X sudah terjual sebanyak 139 unit.

“Isuzu mu-X i-Series(saja) membukukan penjualan sebanyak 139 unit sejak diluncurkan di GIIAS 2019 (Juli) lalu,” ucap dia.

Bahkan, Andy mengatakan, di tahun 2020 nanti, Isuzu Indonesia bakal menggelonotorkan tipe anyar dari SUV tersebut. Tipe baru ini, merupakan tipe di atas i-Series. “Ini sebagai pelengkap keberadaan line up mu-X,” ujarnya.

Ilustrasi, Isuzu mu-X versi lawas – dok.Motoris

Tipe paling gres yang diklaim tetap mengusung DNA Isuzu sebagai kendaraan tangguh namun irit bahan bakar itu adalah, S Series dan Z Series. Keduanya bakal hadir untuk menggantikan tipe mu-X Royale dan mu-X Premiere yang merupakan tipe tertinggi di keluarga Isuzu mu-X.

Dengan kata lain, keduanya bakal menjadi amunisi baru untuk memacu agar penjualan tak lesu. (Mud/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This