Moncer di India, Karimun Wagon R Merana di Indonesia

Moncer di India, Karimun Wagon R Merana di Indonesia
Suzuki Wagon R di India- dok.Business Today

Jakarta, Motoris – Suzuki Karimun Wagon R yang dijajakan oleh Maruti Suzuki India di sepanjang Januari – November 2019 kemarin, membukukan penjualan yang cukup cemerlang. Namun, sebaliknya, di Indonesia penjualan mobil ini masih merana jika dibanding para pesaing.

Seperti dilaporkan laman Business Today, Selasa (31/12/2019), Karimun Wagon R masih menjadi mobil terlaris di segmennya. Dia jauh unggul – dalam penjualan – dibanding Hyundai Santro, Hyundai i10, dan Tata Tiago.

“Efisiesi bahan bakar, keandalan, serta wujudnya yang disukai konsumen, menjadi kata kunci keberhasilan mobil ini,” ujar pengamat otomotif India, Arun Jaen.

Mengutip data dari asosiasi industri otomotif India, laman Autoportal menyebut, di rentang 11 bulan prtama tahun 2019 itu, Wagon R terjual sebanyak 145.186 unit. “Tren penjualannya juga terus stabil dari bulan ke bulan, dengan volume rata-rata 11.000 – 12.000 unit,” tulis laman ini. Tercatat pada Januari, penjualan sebanyak 10.048 unit, Februari 15.661 unit, dan Maret 16.152 unit.

Peluncuran Suzuki Wagon R baru di India, januari 2019 lalu – dok.NDTV

Sementara di bulan April, penjualan yang dibukukan sebanyak 11.306 unit, Mei 14.561 unit, Juni 10.228 unit, dan Juli 15.062 unit. Sedangkan pada bulan Agustus, Wagon R

Di Indonesia
Berbeda dengan India, lain pula pula penjualan di Indonesia. Meski, bisa saja orang berdalih jumlah penduduk India jauh lebih banyak dengan Indonesia. Yang pasti, pertarungan di pasar, dimana Wagon R berada juga tak kalah sengit dengan Indonesia.

Tetapi, faktanya, Wagon R mampu memenangkan persaingan. Sedangkan di Indonesia, Suzuki Wagon R masih jauh tertinggal dibanding para pesaing. Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang Januari – November 2019 lalu, Karimun Wagon R terjual hanya sebanyak 4.159 unit.

Jumlah ini terpaut jauh dibanding Honda Brio Satya yang laku 49.472 unit, Toyota Agya yang terjual 23.048 unit, atau Daihatsu Ayla yang terjual 21.093 unit. Ketertinggalan ini bahkan sudah terjadi pada tahun sebelumnya.

Fakta juga berbicara, sepanjang tahun 2018 lalu, Karimun Wagon R sejatinya sudah bonyok dan terengah mengejar pesaing. Dia hanya menempati urutan terbawah kedua – atau hanya di atas Datsun GO+ – dalam daftar penjualan LCGC. Mobil Suzuki ini hanya terjual 4.564 unit.

Suzuki Karimun Wagon R – dok.Otosia.com

Angka penjualan yang dibukukan itu, juga tercatat jauh tertinggal di bawah Toyota Calya yang sebanyak 63.970 unit, Daihatsu Sigra 50.907 unit, dan Honda Brio Satya 46.900 unit. Bahkan jauh di bawah Toyota Agya yang sebanyak 29.106 unit, serta Daihatsu Ayla yang laku sebanyak 26.952 unit.

Lebih dari itu, Suzuki Wagon R juga tertinggal oleh Datsun GO yang terjual 4.782 unit. Satu-satunya penglipur lara, dia masih unggul dari Datsun Go+ yang hanya terjual sebanyak 3.263 unit.

Versi baru
Meski masih tertinggal, namun, seperti dikatakan 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Makmur, Suzuki Indonesia masih belum mempunyai rencana untuk menggelontorkan versi anyar dari Karimun Wagon R.

Ada sejumlah hal yang menjadi alasannya. Salah satu pertimbangan itu adalah perubahan kebijakan perpajakan mobil terkait Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) yang berdampak pada segmen Low Cost Green Car (LCGC) dimana Karimun Wago R berada.

“Karena kebijakan pemerintah di tahun depan kan berubah terkait LCEV, sehingga ada tarif pajak untuk LCGC (yaitu Pajak Penjualan Barang Mewah sebesar 3%). Jadi harga (LCGC termasuk Karimun Wagon R) juga naik,” papar dia saat ditemui di sela peluncuran Suzuki New Baleno, di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Kedua, konsumen Suzuki Karimun Wagon R bukan hanya perorangan yang digunakan sebagai kendaraan penumpang. Namun, tidak sedikit dari konsumen yang menggunakannya sebagai kendaraan niaga seperti blind van yang digunakan oleh perusahaan produsen rokok, kosmetik, dan lain-lain.

Suzuki Wagon R Stingray yang akan diluncurkan di Jepang – dok.Istimewa

Seperti diungkap laman Japan Bullet, belum lama ini, Suzuki Motor di Jepang segera meluncurkan versi anyar Karimun Wagon R dan Wagon R Stingray. Di negeri asal Suzuki ini, versi anyar Wagon R itu dibekali mesin baru berkode R06D tiga silinder berkapasitas 660cc.

Versi ini juga yang menggunakan transmisi baru, yakni continuously variable transmission (CVT). Peluncuran dijadwalkan pada tanggal 20 Januari nanti.

Selain itu, Suzuki juga menyuguhkannya dalam versi hybrid. Varian ini dibekali motor listrik generasi anyar yakni W04C, yang berbaterai 10 Ah hingga 3 Ah. (Mus/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This