Wuling Almaz, Anak Kemarin Sore yang “Teror” Honda CR-V

Wuling Almaz, Anak Kemarin Sore yang “Teror” Honda CR-V
Wuling Almaz - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski terbilang sebagai pendatang baru di segmen pasar SUV medium di Indonesia, kinerja penjualan Wuling Almaz ternyata tidak membuat kecewa. SUV yang dijajakan PT SGMW Indonesia atau Wuling Motors Indonesia itu bahkan terbukti telah membayang-bayangi Honda CR-V yang tercatat sebagai pemain kawakan.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang tahun 2019 kemarin Honda CR-V terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 11.290 unit. Sedangkan data internal Wuling Motors Indonesia menunjukan penjualan ritel Wuling Almaz di tahun itu sebanyak 9.725 unit.

Padahal, di segmen ini sejumlah pemain kawakan lainnya juga merangsek, antara lain Mazda CX-5, Nissan X-Trail, serta Hyundai Tucson. Almaz sendiri baru diluncurkan di Tanah Air pada Februari 2019. Adapun Honda CR-V telah malang melintang di pasar Indonesia sejak September tahun 2000, atau 20 tahun yang lalu.

Wuling Almaz varian 7 penumpang – dok.Motoris

“Penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) sepanjang tahun 2019 (Februari – Desember) Almaz Series sebanyak 9.743 unit. Dan sepanjang Desember saja, 2.314 unit,” ungkap Media Relation Wuling Motors Indonesia, Brian Gomgom, saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).

Penjualan sepanjang Desember itu tercatat unggul telak dibanding penjualan Honda CR-V. Karena SUV andalan Honda Indonesia ini hanya laku sebanyak 1.668 unit. Namun, bukan kali itu saja Almaz “meneror” Honda CR-V.

Tercatat, dalam beberapa bulan sebelumnya, penjualan SUV asal Negeri Tirai Bambu ini juga “mengasapi” penjualan SUV medium asal Negeri Matahari Terbit tersebut. Pada Februari misalnya Almaz yang baru meluncur terjual 568 unit, sedangkan Honda CR-V hanya 534 unit.

Ilustrasi, Honda CR-V – dok.Carlist

Kemudian di bulan Mei, “anak kemarin sore” itu kembali menunjukan tajinya. SUV ini terjual 1.130 unit. Sedangkan di saat yang sama, Honda CR-V hanya membukukan penjualan sebanyak 750 unit.

Sekadar catatan, penjualan Wuling Almaz sepanjang tahun 2019 didominasi oleh varian 7 seater atau tujuh kursi penumpang. Rinciannya, Almaz  Exclusive 7 seater mencatatkan penjualan sebanyak 4.375 unit, Almaz Exclusive  5 seater  sebanyak 4.285 unit, Almaz SE CVT 7 seater 843 unit, dan Almaz SE Manual 7 seater 240 unit.

Sedangkan penjualan Honda CR-V selama 20 tahun, tercatat sebanyak 213.241 unit atau rata-rata 10.662 unit saban tahunnya. Jika kondisi yang ada seperti sekarang terus ajeg terjadi, dan Honda tak segera bergegas ngegas penjualan, maka tak mustahil – dalam waktu tak lama lagi – Honda CR-V terlibas Almaz. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This