Penjualan Babak Belur, Honda Mobilio Anyar Segera Meluncur?

Penjualan Babak Belur, Honda Mobilio Anyar Segera Meluncur?
Honda Mobilio versi terbaru, facelift - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Setelah tercatat beberapa kali melakukan ubahan tampilan – dan hanya perubahan ringan alias minor change – pada tahun 2016, 2017, dan terakhir 2019 – namun, Low MPV Honda Mobilio masih ‘gelagapan’ menghadapi persaingan. Bahkan penjualannya jauh tertinggal dibanding para pesaing yang hadir belakangan.

Namun, kini secercah harapan bagi pecinta merek Honda yang meminati Low MPV yang hadir di pasar otomotif Indonesia sejak 25 Januari 2014 itu, muncul. Honda bakal menyuguhkan versi baru yang entah berlabel “All New” atau hanya sekadar polesan tampilan baru.

Kabar ini terungkap setelah Business Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, di sela acara perayaan 20 tahun Honda CR-V di Indonesia di Bandung, Jawa Barat (22/1/2020) lalu.

“Penyegaran produk termasuk salah satu strategi kami tahun ini. Pasti akan ada inprovement, sesuai dengan masukan konsumen. Tetapi maaf, saat ini, kami belum bisa berkomentar lebih banyak. Ditunggu saja, mudah-mudahan nanti di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show 2020, sudah muncul),” kata dia.

Honda Mobilio versi baru diluncurkan di Jakarta, 21 Februari 2019 – dok.Motoris

Meski tak menjelaskan secara rinci, namun Billy sempat berujar jika pihaknya sangat memperhatikan masukan dari konsumen. Bahkan, dari survei yang dilakukan HPM, kata dia, secara umum konsumen berharap Honda dibikin lebih besar dengan ketinggian yang bertambah.

Jika ada harapan agar perubahan dilakukan secara frontal, itu sangat beralasan. Pertama, karena persaingan semakin ketat dan membuat Honda Mobilio tertinggal. Kedua, varian yang disajikan oleh pesaing juga kian beragam, Mitsubishi misalnya telah menyuguhkan Mitsubishi Xpander Cross, dan Suzuki Indonesia tak lama lagi akan menggelontorkan varian serupa yang dinamai Suzuki XL7.

Seperti diungkapkan pengamat dari Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Tenologi Bandung (ITB), Yos Sunitoyoso, dalam sebuah persaingan yang semakin ketat dengan produk yang ada di pasar sudah semakin mirip-mirip, maka penantang atau yang hadir belakangan harus menawarkan sesuatu diferensiasi yang benar-benar mencolok, sehingga signifikan.

Ilustrasi, Honda Mobilio RS versi lama- dok.Istimewa

“Dengan adanya pembeda seperti ini, maka produk itu akan memiliki daya tarik tersendiri. Sebab, jika sama saja, apalagi strategi dan metode komunikasi produk juga sama saja, maka pendatang baru akan tetap kewalahan,” ujar dia saat dihubungi, Senin (27/1/2020).

Terus longsor
Sejatinya, jauh sebelum Xpander Cross hadir, Honda Indonesia telah menyuguhkan varian serupa yakni Honda BR-V yang berbasis Honda Mobilio. Namun, ternyata tak cespleng. Bahkan penjualannya memble.

Sedangkan penjualan Honda Mobilio juga masih jauh di bawah para pesaing. Data Gakindo menunjukan, sepanjang tahun 2019 kemarin Honda Mobilio hanya terjual sebanyak 15.318 unit. Jauh tertinggal oleh para lawan.

Toyota Avanza misalnya – lawan Mobilio yang juga penguasa pasar Low MPV ini – terjual 86.374 unit. Kemudian Mitsubishi Xpander – termasuk di dalamnya Xpander Cross – laku sebanyak 62.666 unit, Suzuki Ertiga terlego 24.549 unit, dan Daihatsu Xenia 21.674 unit.

Bahkan, fakta berbicara, di tahun-tahun sebelumnya, penjualan Mobilio sudah berada pada tren ambles. Data yang dilansir Gaikindo menunjukan hal itu. Pada tahun 2018 lalu, misalnya, dia hanya laku 24.373 unit alias longsor hingga 31,21% dari penjualan di tahun 2017.

Xpander Cross menjadi tantangan tersendiri bagi Honda Mobilio anyar yang kabarnya segera diluncurkan- dok. Motoris

Pangsa pasarnya hanya 9,4%. Pesona Mobilio seolah luntur, terlebih gempuran pesaing juga kian massif. Padahal, saat pertama kali diluncurkan tahun 2014, penjualannya sempat “meledak” mencapai 79.288 unit. Tapi di tahun berikutnya tiba-tiba menukik tajam, sehingga di tahun 2015 menjadi 42.932 unit.

Bahkan dua tahun berikutnya – yakni tahun 2016 dan 2017, penjualan Mobilio kembali rontok. Low MPV ini hanya membukukan penjualan sebanyak 39.482 unit dan 35.430 unit. (Fer/Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This