XL7 Meluncur 15 Februari, Bakal Main Aman di Harga?

XL7 Meluncur 15 Februari, Bakal Main Aman di Harga?
Ilusrasi, Suzuki XL6 atau yang di Indonesia bakal dinamai XL7- dok.CarandBike

Jakarta, Motoris – Kabar yang menyebut crossover Suzuki XL7 bakal melenggang di pasar Indonesia mulai pertengahan Februari 2020 semakin mendekati kenyataan. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membocorkan tanggal peluncuran mobil persilangan Suzuki Ertiga dengan gaya SUV itu melalui kode anagram, 35-21-5445 yang jika masing-masing angka itu dikalikan antara depan dengan belakang hasilnya 15-2-2020.

Informasi ini terkonfirmasi saat Motoris menanyakan kepastian itu kepada seorang kolega di jajaran internal PT SIS di sela peluncuran pelumas Ecstar, di Jakarta, Selasa (4/2/2020) lalu. “Jadi peluncurannya itu 15 Februari 2020. Hanya itu yang bisa saya sampaikan,” ucap dia.

Namun, dia juga tak menolak ketika disodori sebuah daftar harga XL7 yang disebut sebagai bocoran harga resmi XL7 on the road Jakarta. Daftar ini menunjukan Zeta M/T yang dijual Rp 230 juta, Beta M/T dibanderol Rp 246,5 juta, dan termahal yaitu Alpha A/T dihargai Rp 267 juta.

“Ya kira-kira seperti itulah. Harga ini cukup kompetitif mengingat pasar yang sangat ketat persaingannya,” ungkap sang kolega.

Suzuki atau Maruti XL6 saat diluncurkan di India disebut-sebut bakal meluncur di Indoesia 15 Februari 2020 – dok.Cardekho

Cukup beralasan. Apalagi, PT SIS juga memposisikan XL7 sebagai Low SUV. Artinya bakal bertarung dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Sementara, fakta berbicara, di segmen ini keduanya begitu perkasa, bahkan membuat tak berkutik Honda BR-V.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di sepanjang tahun 2019 kemarin Honda BR-V hanya membukukan penjualan sebanyak 4.071 unit. Jumlah ini terpaut jauh dengan penjualan Toyota Rush yang sebanyak 61.659 unit, atau dengan kembaran Toyota Rush, yakni Daihatsu Terios yang sebanyak Daihatsu Terios 22.960 unit.

Tahun-tahun sebelumnya, kondisinya juga seperti itu. Honda BR-V juga masih jauh tertinggal dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Ilustrasi, Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 – dok.Motoris

Tanggapan Mitsubishi
Sementara, Mitsubishi Xpander Cross yang diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) 12 November 2019 lalu, hingga akhir Januari 2020 penjualannya masih sebanyak 3.933 unit.

“Xpander Cross ini kita launching November ya (12 November). Dan sampai Desember kita sudah jual 2.121 unit. Kemudian di Jjanuari 1.812 unit, jado total, kurang lebih 3.933 unit. tutur Head of Sales and Marketing Group MMKSI, Imam Choeru Cahya, di Ubud, Bali, Selasa (4/2/2020).

Imam juga menegaskan, meski bisa saja kehadiran Suzuki XL7 itu ada pengaruh terhadap Xpander Cross, namun bukan berarti MMKSI hanya berdiam diri. “Kalau pengaruh itu pasti ada, tetapi kita terus berusaha. Kita juga kan dinamis, banyak program-program yang ditawarkan. Mungkin bakal ada penambahan fitur-fitur mungkin nanti kedepannya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.,” tandas Imam.

Sekadar catatan, saat ini, MMKSI membanderol Mitsubishi Xpander Cross varian terendah tipe manual Rp270,7 juta. Kemudian tipe AT dihargai Rp280,7 juta dan premium package AT dilego dengan nilai Rp289,7 juta.

Xpander Cross diposisikan sebagai varian tertinggi di keluarga Xpander – dok.Motoris

Sementara, soal informasi besaran harga itu, Head of Product Development & Marketing Research PT SIS Harold Donel yang dikonfirmasi Motoris, Rabu (5/2/2020) masih enggan berkomentar. Bocoran itu, kata dia bukan keluar dari PT SIS, sebagai Agen Pemegang Merek (APM), melainkan bocoran dari para salesman diler.

“Ditunggu saja harga resminya, saya belum bisa berkomentar banyak soal ini. Sebentar lagi juga akan diluncurkan,” kata dia. (Kpr/Lut)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This