Di Segmen Truk Medium, Mitsubishi Dilibas Hino

Di Segmen Truk Medium, Mitsubishi Dilibas Hino
Mitsubishi Fuso Fighter diluncurkan dalam sembilan varian - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) boleh berbangga dengan penjualan truk ringan atau Light Duty Truck (LDT) sepanjang tahun 2019 lalu yang disebutnya unggul secara absolut dengan volume penjualan 36.575 unit atau 55,4% dari total penjualan seluruh. Namun, di segmen truk medium (Medium Duty Truck/MDT) dia masih ditekuk oleh Hino.

Presiden Direktur PT KTB, Atsushi Kurita dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (11/2/2020) menyebut di segmen truk medium, perusahaannya membukukan penjualan truk Mitsubishi Fuso dan Fighter sebanyak 5.161 unit. Jumlah itu diakuinya setara dengan 23,4% dari total penjualan seluruh merek pada segmen tersebut.

“Peningkatan market share di segmen Medium Duty Truck (MDT) ini tidak terlepas dari kontribusi produk Fighter yang dipasarkan sejak awal tahun 2019 lalu,” kata dia.

Padahal truk itu disuguhkan dalam 15 varian. Namun hasilnya, hanya 1.581 unit yang terjual di sepanjang tahun.

Volume penjualan truk medium Mitsubishi itu belum ada setengahnya dibanding penjualan truk medium Hino. Fakta data yang disajikan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) dan dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan sepanjang tahun itu, truk medium Hino Ranger terjual sebanyak 17.004 unit. Angka ini setara dengan 62% total penjualan truk kategori itu yang dijajakan soleh semua merek di Indonesia.

Ilustrasi, salah satu Dump Truck Hino – dok.HMSI

“Pada kondisi market yang menurun, Hino tetap berhasil membukukan prestasi dan mempertahankan posisi sebagai market leader medium duty trucks selama 20 tahun terakhir ini,” tandas Direktur Penjualan dan Promosi PT HMSI, Santiko Wardoyo, belum lama ini.

Kini, di tahun 2020, Hino mematok target penjualan sebanyak 36.000 unit, untuk penualan seluruh kategori truk, termasuk truk medium. Adapun PT KTB mematok target penjualan sebanyak 46.900 dengan rincian target Colt Diesel 40,400 unit, serta Fuso dan Fighter sebanyak 6.500 unit. (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This