Awali Tahun 2020, Penjualan Xenia Makin Ambles

Awali Tahun 2020, Penjualan Xenia Makin Ambles
Ilustrasi, Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari tahun ini atau pada awal tahun 2020 ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia mengklaim masih mampu mengukuhkan diri di peringkat kedua dalam daftar penjualan mobil di Tanah Air. Dalam daftar penjualan, yang menarik dicermati adalah keberadaan kembaran Toyota Avanza – yakni Daihatsu Xenia – yang penjualannya terus ambles.

Data internal PT ADM yang dirilis pada Jumat (14/2/2020) menunjukan di bulan pertama itu, penjualan ritel Low MPV ini sebanyak 1.883 unit atau memberi kontribusi sebanyak 12,9% terhadap total penjualan ritel seluruh model Daihatsu di bulan itu yang sebanyak 14.582 unit. Ssedangkan penjualan ke diler (wholesales) 1.941 unit atau 13,7% dari total penjualan seluruh model.

Jika kita bandingkan dengan penjualan – baik ritel maupun wholesales – Januari tahun 2019 lalu, terlihat kinerja penjualan Xenia itu masih ambles. Sebab, fakta berbicara, di bulan pertama tahun 2019 itu penjualan ritel Low MPV yang di sempat beberapa tahun menjadi runner up atau juara dua penjualan setelah kembarannya – Toyota Avanza – itu tercatat sebanyak 2.299 unit atau 14% dari total penjualan seluruh model, dan wholesales 3.037 unit atau 21% dari total penjualan.

Namun, semakin redupnya pamor Daihatsu Xenia bukan hanya terjadi kali ini saja. Terbukti, di tahun-tahun sebelumnya penjualan juga ambrol. Bahkan, disalip oleh Low MPV yang datang setelahnya. Dia juga tertinggal jauh oleh saudara kembarnya, Toyota Avanza.

Ilustrasi, Daihatsu Xenia – dok.Motoris

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang tahun 2019 penjualan ke diler Xenia sebanyak 21.674 unit. Padahal, penjualan yang sama pada tahun 2018 Low MPV ini masih sebanyak 29.521unit.

Bahkan di tahun 2017, penjualan Xenia tercatat sebanyak 38.535 unit. Sedangkan di sepanjang tahun 2016 penjualan yang dibukukannya mencapai 44.720 unit. Artinya, dari tahun ke tahun kinerja Xenia semakin longsor.

Bertumpu ke LCGC
Seyelah pamor Low MPV andalannya itu redup, kini penjualan Daihatsu Indonesia bertumpu pada mobil murah ramah lingkungan (LCGC) khususnya Daihatsu Sigra. Begitu pun di sepanjang Januari 2020.

Data internal PT ADM menunjukan penjualan ritel LCGC itu tercatat sebanyak dengan 4.307 unit, berkontribusi sebesar 29,5% terhadap total penjualan Daihatsu di bulan itu. Penjualan ini naik dibanding penjualan ritel Januari 2019 lalu yang sebanyak 4.260 unit, dengan kontribusi sebesar 26%.

Sedangkan total penjualan Daihatsu Sigra ke diler (wholesales) sepanjang tahun 2019 tercatat sebanyak 52.283 unit. Meski jumlah ini kalah banyak dibanding penjualan kembarannya, LCGC Toyota Calya yang terjual sebanyak 54.549 unit.

Ilustrasi, MPV LCGC Daihatsu Sigra – dok.Motoris

Namun, tertinggalnya Sigra oleh Calya tak hanya terjadi di tahun itu. Data Gaikindo menunjukan, sepanjang tahun 2018 pun penjualan Sigra masih kalah dibanding Calya. Saat itu Calya terjual sebanyak 63.970 unit, sedangkan Sigra 50.907 unit. Begitu pula di tahun 2017. Sigra juga tertinggal Calya. Pada tahun itu, penjualan Calya tercatat sebanyak 73.236 unit. Sementara Sigra laku sebanyak 44.993 unit.

Meski begitu, total penjualan seluruh model Daihatsu ke konsumen (ritel) sebanyak 14.582 unit atau 18% dari total penjualan mobil seluruh merek di Indonesia pada bulan itu. Sedangkan penjualan ke diler (wholesales) sebanyak 14.173 unit atau 17,7%.

Penjualan ritel sebanyak itu kembali menempatkan Daihatsu pada peringkat kedua dalam daftar penjualan mobil secara nasional yang di bulan itu sebanyak 79.983 unit (ritel) dan 81.013 unit (wholesales).

Ilustrasi, LCGC Toyota New Calya yang merupakan kembaran Daihatsu New Sigra – dok.Motoris

“Kami bersyukur, Daihatsu mengawali tahun 2020 dengan capaian penjualan yang cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus Corona, Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif yang menunjukkan komitmen Daihatsu untuk terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual bagi seluruh Sahabat Daihatsu,” ujar Marketing Director PT ADM, Amelia Tjandra, dalam pernyataan resmi. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This