Januari – Februari, Jualan dan Market Share Daihatsu Ambles

Januari – Februari, Jualan dan Market Share Daihatsu Ambles
Ilustrasi, MPV LCGC Daihatsu Sigra - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang dua bulan pertama tahun ini – atau dari Januari hingga Februari – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membukukan penjualan mobil langsung ke konsumen (ritel) sebanyak 28.240 unit dan penjualan ke diler (wholesales) sebanyak 29.951 unit. Penjualan ini ambles dibanding penjualan yang sama di dua bulan pertama tahun 2019.

Data yang dilansir PT ADM melalui keterangan resmi, Kamis (12/3/2020) menunjukan di rentang dua bulan pertama tahun ini, penjualan terbanyak masih disumbangkan oleh Daihatsu Sigra. MPV LCGC itu membukukan penjualan kumulatif sebanyak 8.312 unit atau setara dengan 29,4% dari penjualan ritel Januari-Februari.

Kontributor penjualan ritel terbanyak kedua adalah pikap Daihatsu Gran Max dengan jumlah 5.761 unit (20,4%). Dia disusul Daihatsu Terios yang terjual 4.346 unit (15,4%), Daihatsu Xenia yang laku 3.404 unit (12,1%), Ayla 3.302 unit (11,7%), serta minibus Gran Max 2.364 unit (8,4%). Sedangkan model lain seperti Luxio dan Sirion hanya laku 751 unit (2,7%).

Ilustrasi, Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Jumlah penjualan dua bulan pertama di 2020 ini, ambles lumayan dalam dibanding rentang waktu yang sama tahun 2019 lalu. Saat itu – seperti disebut dalam data yang dikirim PT ADM, 18 Maret 2019 – penjualan ritel Daihatsu masih sebanyak 31.419 unit dan wholesales 31.074 unit.

Pangsa pasar yang berhasil direbut – dalam dua penjualan baik ritel maupun wholesales – masing-masing 18,6% dan 19%. Kala itu, total penjualan ritel seluruh merek (mobil) sebanyak 168.519 unit, dan wholesales 163.675 unit.

Artinya, dari penguasaan pangsa pasar pun, PT ADM membukukan kinerja yang ambles. Fakta berbicara, pangsa pasar di penjualan ritel di kurun waktu Januari – Februari tahun ini yang direbut Daihatsu hanya 17,8% dari total penjualan ritel seluruh model dari berbagai mereka yang sebanyak 158.898 unit, dan wholesales 18,7% dari total penjualan mobil seluruh merek ke diler yang sebanyak 159.997 unit.

Ilustrasi, Daihatsu Xenia – dok.Motoris

“Kami optimistis dengan kondisi yang lebih baik ke depannya, dengan tetap mewaspadai perkembangan kondisi ekonomi, dan merebaknya wabah virus corona yang terjadi secara global, termasuk Indonesia,” tutur Marketing Director PT ADM, Amelia Tjandra, dalam siaran pers, Kamis (12/3/2020) kemarin. (Mus/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This