Ditopang Brio, Penjualan Honda Masih Terus Ambles

Ditopang Brio, Penjualan Honda Masih Terus Ambles
Ilustrasi, tampilan belakang Honda All New Brio Satya - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim penjualan Honda Brio (Honda Brio Satya dan Brio RS) masih menjadi pendorong positif kinerja penjualannya di tengah kondisi pasar yang masih belum stabil di awal tahun ini. Namun, nyatanya penjualan merek ini di rentang Januari hingga Februari dalam tiga tahun terakhir (2017 – 2019) terus ambles.

Adalah data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang mengungkap fakta tersebut. Data itu menunjukan, penjualan mobil Honda yang dijajakan oleh PT HPM, selama dua bulan pertama tahun ini hanya 24.150 unit.

Rinciannya, penjualan di bulan Januari tercatat sebanyak 12.777 unit, dan bulan Februari sebanyak 11.373 unit. Penjualan di bulan kedua itu, sudah ambrol 10,9% dibanding penjualan Februari 2019.

Sebab, fakta lain juga menunjukan, penjualan kumulatif Honda yang dibukukan HPM sepanjang Januari hingga Februari tahun 2019 lalu, ternyata hanya sebanyak 25.018 unit. Angka ini, berasal dari penjualan selama Januari yang sebanyak 12.190 unit dan Februari sebanyak 12.828 unit.

Ilustrasi, Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 – dok.Motoris

Padahal, total jenderal penjualan dua bulan pertama di tahun 2019 itu juga sudah ambrol 9,89% dibanding penjualan di periode sama tahun 2018. Lagi-lagi data dari Gaikindo yang membuktikannya, disebutkan di dua bulan pertama 2018 itu HPM hanya melego 27.766 unit.

Sementara itu, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM,Yusak Billy dalam keterangan resmi, Senin (16/3/2020) menyebut, penjualan Honda Brio (yakni LCGC Brio Satya dan City Car Brio RS) telah mampu mendorong kinerja penjualan Honda secara positif di dua bulan pertama tahun ini

“Penjualan Honda Brio menjadi pendorong positif kinerja Honda di tengah-tengah kondisi pasar yang masih belum stabil di awal tahun ini,” ungkap dia.

Ilustrasi, Honda Brio RS yang kini menjadi “penguasa” pasar City Car di Indonesia – dok.Motoris

Disebutkan pula, sepanjang Januari hingga Februari itu, Honda Brio Satya yang terjual 9.048 unit berhasil merebut pangsa pasar sebesar 27% di segmennya pada kelas mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Sedangkan Honda Brio RS yang terlego 2.682 unit diklaim mencengkeram 63% pangsa pasar city car di Tanah Air.

Menjadi pilar penopang
Honda Brio memang telah menjadi pilar utama penopang penjualan Honda di Indonesia. Sepanjang tahun 2019 lalu misalnya, mobil ini (Brio RS dan Brio Satya) terjual sebanyak 70.441 unit atau setara dengan 47% penjualan yang dibukukan HPM. Penjualan sepanjang tahun 2019 itu melonjak hingga 38% dibanding penjualan sepanjang tahun 2018.

Sedangkan dua dua bulan pertama tahun 2020 ini, kinerja penjualan Honda Brio juga masih berada di tren kenaikan. Tercatat, sepanjang Februari Honda Brio Satya terjual sebanyak 4.701 unit, naik dibanding penjualan di Januari yang sebanyak 4.347 unit.

Ilustrasi, LCGC Honda Brio Satya – dok.Motoris

Adapun Honda Brio RS,  selama bulan kedua tahun ini terlego sebanyak 1.384 unit. Angka penjualan itu juga meningkat dibanding penjualan Januari yang sebanyak 1.298 unit. Hanya sayang, kinerja penjualan ini belum mampu mengangkat penjualan Honda secara keseluruhan yang berada di lubang keterpurukan. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This