Masih Tertinggal, Daihatsu Sirion Dipoles Demi Gaet Milenial

Masih Tertinggal, Daihatsu Sirion Dipoles Demi Gaet Milenial
Tampilan baru Daihatsu Sirion facelift - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Kamis (19/3/2020) kemarin resmi meluncurkan versi baru city car Daihatsu Sirion alias New Sirion melalui aplikasi digital. Dengna tema “Sirion Serius Hitsnya” Daihatsu mencoba tancap gas menggaet kalangan milenial.

“Kami menyediakan paket kredit dengan DP rendah, angsuran ringan, dan tenor yang panjang, sehingga semakin mudah bagi kaum milenial untuk memiliki dan membawa pulang New Ayla dan New Sirion. Silahkan kunjungi outlet Daihatsu terdekat untuk melihat secara langsung dan Test Drive,” tutur Chief Executive PT Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Supranoto, dalam keterangan resmi, Kamis (19/3/2020).

New Sirion yang ditawarkan dalam dua tipe ini berbanderol lebih mahal Rp 3 juta dibanding versi sebelumnya. Rinciannya, New Sirion 1.3 M/T dibanderol Rp 200,1 juta dan New Sirion 1.3 A/T Rp 214,85 juta.

Dengan membidik kalangan milenial PT ADM melalukan ubahan tampilan maupun fitur di mobil ini. Itu dilakukan dengan penambahan aerokit dan side stone guard baru. Peranti audio sebagai sarana hiburan pun diubah dengan ukuran yang lebih besar dan berfitur Mirror Link.

Seperti halnya Daihatsu Ayla, Daihatsu Sirion juga diklaim sebagai kendaraan para milenials – dok.Istimewa

PT ADM mengklaim, sejak diluncurkan pada tahun 2007 lalu hingga kini, Daihatsu Sirion telah terjual 35.000 unit lebih. Fakta juga mencatat, mobil ini pernah disajikan dalam versi edisi terbatas alias versi limited edition pada tahun 2007 yakni seri Drift dan Femme, yang masing-masing diklaim untuk konsumen pria dan wanita.

Namun, data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang tahun 2016 – 2018 tren penjualan city car ini menyusut. Bahkan, di tahun 2019 kemarin di periode Januari –

November meski tercatat membukukan kenaikan dibanding penjualan tahun sebelumnya, namun masih tertinggal oleh mobil sejenis dari merek lain.

Tampilan depan Daihatsu Sirion facelift – dok.Istimewa

Tertinggal city car baru
Sementara, penjualan Sirion di sepanjang tahun 2018 tercatat sebanyak 1.340-an unit. Jumlah ini melorot 25,14% dibanding tahun sebelumnya. Total penjualan tahun 2017 tercatat sebanyak 1.790 unit.

Jumlah penjualan pada tahun 2017 itu ternyata juga merosot jika dibanding penjualan seanjang tahun 2016. Data menunjukan, penjualan mobil yang diimpor dari Malaysia tersebut masih sebanyak 2.950 unit.

Penjualan Daihatsu Sirion juga tertinggal jauh dibanding city car anyar yang diluncurkan jauh di belakangnya. Dengan Suzuki Ignis yang datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 2017 misalnya. Pada tahun pertama, mobil perkotaan yang didatangkan PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) dari India itu, laku 14.157 unit, sedangkan di tahun 2018 terjual 13.802 unit.

Bahkan Sirion juga tertinggal oleh city car besutan Honda, yakni Honda Brio RS yang pada tahun 2017 membukukan penjualan sebanyak 10.580 unit. City car Honda yang mengalami ubahan tampilan pada tahun 2018 itu, sepanjang tahun 2019 terjual sebanyak 15.580 unit meningkat 48% dibanding pejualan tahun 2018.

Daihatsu Sirion versi facelift diluncurkan Kamis, 19 Maret 2020 – dok.Istimewa

Data yang dihimpun Gaikindo juga menunjukan dalam penjualan ke diler (wholesales) di periode Januari – September 2019 Suzuki Ignis meski hanya terjual 3.818 unit atau merosot jauh dibanding tahun sebelumnya,  tetapi masih jauh di atas Sirion.

Apalagi Honda Brio RS yang di rentang waktu itu sudah mengumpulkan angka penjualan sebanyak 11.155 unit. Adapun Daihatsu Sirion masih 1.490 unit,  dan ternyata juga masih kalah banyak dibanding penjualan Datsun Cross yang sebanyak 1.862 unit. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS