Penjualan Mobil Februari Vs Januari, Ini yang Kinclong dan Ambles

Penjualan Mobil Februari Vs Januari, Ini yang Kinclong dan Ambles
Ilustrasi, Mitsubishi Xpander lawas saat dipmaerkan di GIIAS 2019. - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil dari pabrik ke diler (wholesales) di Indonesia sepanjang bulan Februari kemarin tercatat menciut 1,05% dibanding bulan sebelumnya atau bulan Januari. Banyak merek yang berguguran dalam penjualan dari bulan ke bulan (month to month) tersebut.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang Februari tahun ini total penjualan (wholesales) sebanyak 79.573 unit. Sedangkan di Januari atau bulan sebelumnya, tercatat sebanyak 80.424 unit.

“Ada beberapa faktor yang menyebabkan. Kalau kita lihat ulasan pakar dan lembaga-lembaga keuangan dunia kan memang ekonomi global di Februari juga melambat karena wabah virus (corona) kan?. Termasuk dampaknya di Indonesia. Kedua, karena Februari memang jumlah harinya lebih sedikit,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, yang dihubungi Motoris, di Jakarta, Rabu (27/3/2020).

Ilustrasi, MPV LCGC Daihatsu Sigra – dok.Motoris

Di jajaran merek lima besar atau “The Big Five” yakni Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, dan Suzuki pada bulan kedua itu, Toyota masih kinclong  di daftar penjualan. Dia membukukan penjualan sebanyak 25.180 unit atau naik 4,2% dibanding Januari yang sebanyak 24.151 unit, sehingga membuatnya berada di urutan pertama dalam daftar tersebut.

Daihatsu yang penjualan juga kinclong, menempati urutan kedua terbanyak dengan total penjualan sebanyak 15.778 unit. Jumlah ini meningkat 11% dibanding jumlah penjualan selama Januari yang sebanyak 14.173 unit.

Sedangkan Honda yang berada di urutan ketiga terbanyak, mengantongi jumlah penjualan sebanyak 11.373 unit. Jumlah itu ambles 10,9% dibanding jumlah penjualan yang dikoleksinya selama Januari, yang sebanyak 12.777 unit.

Ilustrasi, All New Ertiga Sport – dok.Motoris

Penjualan mobil Mitsubishi yang sebanyak 10.903 unit berada di urutan keempat. Seperti halnya Honda, penjualan Mitsubishi ini juga ambles, bahkan hingga 11,3% dibanding jumlah penjualan yang dicapainya pada Januari, yang sebanyak 12.295 unit.

Suzuki yang membukukan penjualan sebanyak 8.613 unit berada di urutan kelima. Namun, penjualan merek berlambang huruf “S” di bulan Februari itu susut alias ambles 1.899 unit dari penjualan sepanjang Januari yang masih sebanyak 10.512 unit.

Sekadar informasi, kumulatif wholesales mobil dan kendaraan bermotor roda empat dari Januari hingga Februari tahun ini tercatat sebayak 159.997 unit. Jumlah itu ambles  2,4% dibanding kumularif dua bulan pertama tahun lalu (year on year), karena saat itu total wholesales masih sebanyak 163.964 unit.(Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This