Kalah Telak, Bisakah Agya dan Ayla Baru Tekuk Brio Satya?

Kalah Telak, Bisakah Agya dan Ayla Baru Tekuk Brio Satya?
All New Brio Satya, hatchback LCGC Honda - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Fakta baru di segmen pasar mobil murah ramah lingkungan (LCGC) jenis hatchback menunjukan, LCGC besutan Honda Indonesia yakni Honda Brio Satya menjadi jawara di segmen dan kelasnya. Bahkan hingga Januari lalu, dia masih membukukan penjualan terbanyak di antara sesama hatchback LCGC.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang tahun 2019 lalu, Honda Brio Satya terjual ke diler (wholesales) sebanyak 54.659 unit. Sementara – di saat yang sama – Toyota Agya hanya membukukan penjualan sebanyak 25.082 unit dan Daihatsu Ayla 22.108 unit.

Jumlah penjualan keduanya, masih kurang dari setengah penjualan Brio Satya. Kondisi yang serupa masih terjadi di bulan Januari tahun ini. Di bulan bulan pertama itu, wholesales Honda Brio tercatat sebanyak 4.427 unit.  Adapun penjualan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, di bulan itu masing-masing sebanyak 1.745 unit dan 2.054 unit.

Sementara, dalam pernyataan resminya, Senin (16/3/2020), PT Honda Prospect Motor (HPM) menyebut sepanjang Februari penjualan ritel Honda Brio Satya mencapai 4.701 unit. “Penjualan (ritel di Februari) ini meningkat dari penjualan (ritel) di Januari yang sebanyak 4.347 unit,” ujar Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy.

Honda Brio Satya yang ditawarkan melalui pembelian secara kredit dengan uang muka Rp 15 juta – dok.Motoris

PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Kamis (19/3/2020) meluncurkan versi anyar dari hatchback LCGC andalannya itu, yakni New Agya dan New Ayla melalui aplikasi digital. Toyota, seperti diungkapkan Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, mematok target penjualan New Agya sebanyak 2.200 unit saban bulannya.

Besaran target penjualan  itu, lanjut Anton, belum menghitung dampak dari pandemi virus corona yang kini juga mendera Indonesia. Sedangkan PT ADM tak menyebutkannya secara secara tegas berapa target penjualan yang dipatok untuk New Ayla tersebut.

Lantas, sanggupkah New Agya ini mengejar ketertinggalan atau bahkan menekuk Honda Brio Satya dengan berbekal pembaruan yang dilakukan padanya oleh Toyota? “Kami tidak membuat target untuk mengalahkan siapa, yang penjualan terus growth (tumbuh) dari waktu ke waktu, itu yang penting. Tentu, kalau ditanya, target kami ya bagaimana menjual sebanyak-banyaknya dan customer merasa puas dengan kualitas produk dan layanan purna jualnya. Kepuasan pelanggan jauh lebih penting, kalau kita berbicara kepentingan jangka panjang,” papar Anton saat dihubungi di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Toyota New Agya atau Toyota Agya versi baru resmi diluncurkan di Indonesia secara virtual pada Kamis, 19 Maret 2020 – dok.Istimewa

Stimulus kredit
Anton mengatakan, untuk memacu penjualan di tengah kondisi yang terdera wabah virus corona perusahaannya memberikan stimulus skema pembelian dengan menggandeng Toyota Astra Finance dan Astra Credit Companies menawarkan bunga kredit ringan yakni hanya 3.68%. Selain itu juga menggelar program baru Deal Cermat yang menawarkan angsuran mulai dari Rp 1,9 juta untuk masa jangka waktu kredit 2 – 4 tahun.

“Kami juga menawarkan program trade-in (tukar tambah) mobil lama dengan yang baru. Karena resale value (nilai jual kembali mobil Toyota) sudah digaransi, jadi mudah bagi calon customer. Ada kepastian nilai jual mobilnya, mereka tinggal pergi ke diler, lalu trade-in,” jelas dia.

Toyota Agya versi lama- dok.Istimewa

Sekadar catatan, data yang dikompilasi Gaikindo juga menunjukan, sepanjang tahun 2018 lalu, wholesales Toyota Agya dan Daihatsu Ayla juga tertinggal jauh oleh Honda Brio Satya. Saat itu, Honda Brio Satya terjual sebanyak 46.900 unit, sementara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla masing-masing hanya terjual 29.106 unit dan 26.952 unit.

Fakta penjualan di tahun sebelumnya (tahun 2017) pun menunjukan posisi yang sama, dimana Honda Brio Satya masih mengungguli mobil hatchback LCGC kembar itu. Data menunjukan, kala itu Honda Brio Satya terjual ke diler sebanyak 43.378 unit, sedangkan Toyota Agya sebanyak 29.004 unit dan Daihatsu Ayla 28.051 unit.(Fat/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This