Penjualan Ambles Terus, Suzuki Ignis Facelift Segera Meluncur?

Penjualan Ambles Terus, Suzuki Ignis Facelift Segera Meluncur?
Suzuki Ignis facelift - dok.Wheel BHP

Jakarta, Motoris – City car andalan Suzuki – baik di Indonesia maupun di luar negeri khususnya India – yakni Suzuki Ignis, disebut-sebut bakal hadir di Indonesia tak lama lagi, setelah kabar dan sederet foto maupun tayangan video bertebaran di media sosial maupun media online otomotif. Lantas bagaimana penjualan Ignis di Tanah Air di akhir-akhir ini?

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang dua bulan pertama – atau Januari hingga Februari – tahun ini penjualannya masih tertinggal jauh dibanding penjulan city car Honda, yakni Brio RS. Bahkan, selama Februari penjualannya ambles dibanding bulan sebelumnya atau Januari.

Data menunjukan, sepanjang Januari Suzuki Ignis hanya membukukan penjualan sebanyak 501 unit. Jumlah ini sangat jauh di bawah penjualan Honda Brio RS yang saat itu mencapai 1.612 unit. Artinya, penjualan Ignis tak sampai sepertiga dari penjualan city car andalan Honda Indonesia itu.

Namun, penjualan Ignis masih jauh lebih bagus dibanding penjualan city car lain, seperti Daihatsu Sirion hanya hanya laku 50 unit. Bahkan jauh di atas penjualan Renault Kwid yang cuma 5 unit, Hyundai Grand i10 dan Kia Picanto yang masing-masing hanya terjual 1 unit, Datsun Cross nihil alias tak ada penjualan.

Suzuki Ignis yang saat ini dijual di Indonesia – dok.Motoris

Hanya, tertinggalnya penjualan Suzuki Ignis oleh Honda Brio RS, masih terjadi di bulan Februari. Di bulan kedua itu, Ignis hanya membukukan penjualan tak lebih dari 180 unit, alias ambrol dibanding penjualan di bulan Januari.

Lebih dari itu, jumlah ini tertinggal jauh dibanding penjualan Honda Brio RS yang menapak di posisi pertama dengan penjualan sebanyak 1.459 unit. Jumlah ini juga ambles dibanding penjualan selama Januari.

Tetapi, lagi-lagi, angka penjualan Suzuki Ignis masih jauh di atas Daihatsu Sirion yang laku hanya 70 unit. Begitu pula dibanding dengan Renault Kwid yang terjual 40 unit, Kia Picanto 3 unit, Hyundai Grand i10 nihil, dan Datsun Cross juga nihil alias nol.

Fakta menurunnya penjualan Suzuki Ignis sejatinya bukan hanya kali ini saja terlihat. Pada tahun-tahun sebelumnya pun terjadi. Data Gaikindo menunjukan, di tahun 2017 – atau saat pertama kali meluncur di Indonesia – penjualan mobil ini masih sebanyak 14.157, namun di tahun 2018 anjlok menjadi 13.802 unit, dan sepanjang tahun 2019 hanya 5.138 unit.

Suzuki Ignis Sport dipamerkan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Sudah datang
Sebelumnya, kabar kedatangan Suzuki Ignis menyeruak di berbagai lini massa dan media online. Akun instagram @indra_fathan bahkan memposting video dan foto yang diduga Suzuki Ignis facelift diangkut truk maupun di pelataran sebuah tempat di Jakarta.

“Kami masih  terus memonitor situasi dan kondisi,” tutur 4W Marketing Director PT Suuki Indomobil Sales (SIS) Dony Saputra saat ditanya tentang jadwal peluncuran Ignis versi facelift itu, belum lama ini.

Di India – tempat dimana Suzuki Ignis itu diproduksi- seperti dilansir Times of India, Gaadiwaadi, dan WheelBHP, belum lama ini, telah dilakukan pada 7 Februari lalu, yakni di hajatan Auto Expo 2020. Sejumlah foto yang menyertai kabar peluncuran itu menunjukan ada sejumlah perubahan.

Terlihat, Ignis versi anyar ini mengusung gril baru yang mirip dengan gril Suzuki Vitara Brezza berbentuk U, rumah lampu kabut vertikal, dan di bagian depan ini ada imbuhan baru yakni skid plate.Ubahan juga terjadi di bagian belakang.

Suzuki Ignis facelift diluncurkan di India – dok.Gaadiwaadi

Lampu misalnya, kini menggunakan LED, desain bumper juga diubah plus imbuhan skid plate. Sedangan di bagian interior, jok terlihat mengalami ubahan pada bagian pelapisnya. Suzuki juga melakukan ubahan pada perangkat hiburan.

Adapun mesinnya tetap seperti sediakala alias tak diutak-atik. Mesin berbahan bakar bensin 1.2 liter K12M yang diusung Ignis selama ini disebut mampu menyemburkan tenaga hingga 82,94 PS dan torsi 113 Nm. Maruti Suzuki India mengklaim, hasil tes yang dilakukan konsumsi bahan bakar Ignis menapai 20,89 kilometer per liter.(Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS