Daihatsu Terlalu Demen Jualan Aksesori

Daihatsu Terlalu Demen Jualan Aksesori

Jakarta, Motoris – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan varian baru Xenia Custom di BSD, Tangerang, Banten, Jumat (10/11/2017). Low multi purpose vehicle (LMPV) ini menawarkan wujud yang diklaim lebih tangguh dan sporty, dengan desain bemper baru dan beberapa sentuhan aksesori tambahan.

Produk baru atau penyegaran memang sudah jadi andalan merek buat mendongkrak penjualan, tapi bukan lewat aksesori juga. Biar berstatus produk facelift, biasanyanya ubahan yang terjadi pada model sifatnya mutlak, bukan gonta-ganti bentuk bemper, tergantung dari cetakan pemasok mana.

Xenia Custom misalnya, mendapatkan tambahan grey painted inner honeycomb, aerokit di seluruh bagian bawah bodi, side stone guard, dan over fender. Juga ada pelek 15 inci dan spion berlapis krom terintegrasi lampu sein. Interior, dibekali dengan audio 2DIN layar sentuh 7 inci, sudah dengan sistem mirroring. Tambahan kamera mundur serta cat black metallic di bagian center cluster, dashboard, dan door arm rest.

Xenia Custom ditawarkan dalam dua varian, berkelir khusus putih es, dengan harga Rp202,4 juta (M/T) dan Rp 213 juta (A/T).

Baca juga: Jangan Mau Dibodohi, Hybrid Ngaku Mobil Listrik!

Kalau diingat pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2016, Daihatsu juga pernah memamerkan Xenia Custom, namun dengan embel-embel perayaan 110 tahun Daihatsu. Namanya sama, Xenia Custom, tetapi bentuk bempernya beda. Spion enggak berlapis krom, juga tak ada side stone guard, dan over fender. Interiornya, ada tempelan beraksen karbon di dasbor, cover tombol di setir, plus jok bordir “custom”dan tuas transmisi berlapis sintetis dengan detail jahitan merah.

Daihatsu juga pernah memasarkan Xenia Custom dengan aksesori berbeda di GIIAS 2016. (DapurPacu)

Xenia Custom, waktu itu, disebut cuma tersedia 25 unit, dipasarkan dalam dua varian, yakni Rp 211,6 juta untuk transmisi manual dan Rp 222,6 juta untuk otomatis.

Entah sadar atau tidak, jika memperhatikan price list beberapa model Daihatsu, memang dijual dalam rentang varian yang relatif banyak. Selain pilihan transmisi, biasanya faktor pembeda ada pada aksesori yang dibekali tiap varian.

Bisnis Aksesori

Fakta yang harus dipahami, setiap model yang diproduksi oleh pabrik dari merek manapun, wujudnya akan sama, dengan spesifikasi standar. Jadi, jika pabrik ADM memproduksi Xenia, maka spesifikasinya akan sama, paling beda jenis transmisi M/T dan A/T,  belum ada varian, seperti Custom, Sporty, tipe R, atau X seperti yang ada pada price list Daihatsu.

Daihatsu Xenia Custom mulai dijual akhir 2017. (Kompas.com)

Baca juga: IKD Itu Ibarat Ngelem Komponen!

Pengategorian varian, kemudian diserahkan pada pihak diler utama (misalnya Daihatsu Sales Operation/DSO) atau distributor (seperti, PT Toyota Astra Motor pada Toyota), untuk melakukan diferensiasi. Pada proses ini, kemudian tercipta varian-varian dari model yang diproduksi, dibedakan terutama dari aksesori, bukan fitur teknis.

Bisnis aksesori ini merupakan bagian krusial dari industri otomotif dan acap dianggap sektor basah. Pemasok pada level ini berbeda dengan yang dimiliki pabrik, namun punya kualitas setara original equipment manufacturer (OEM). Bayangkan saja, kalau perusahaan memasok set side visor alias talang air, satu set dijual misalnya Rp 10.000 saja. Setahun, Daihatsu jualan Xenia berapa unit?

Tetapi, dengan mengandalkan pasokan aksesori dari pemain lokal, diler utama dan distributor juga ikut menopang kehidupan industri kecil dan menengah di Indonesia. Bagi perusahaan aksesori lokal yang belum bisa memasok dengan standar produksi pabrik, bisa memanfaatkan ceruk ini, asal bukan impor! (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This