Dua Tahun Berturut, Penjualan Daihatsu di Kuartal Satu Lesu

Dua Tahun Berturut, Penjualan Daihatsu di Kuartal Satu Lesu
Ilustrasi, Daihatsu Sirion facelift - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Wabah virus corona (Covid-19) yang mendera Indonesia berdampak ke berbagai sektor perekonomian, termasuk industri otomotif dimana merek Daihatsu Indonesia berada. Tercatat, penjualan merek ini di sepanjang tiga bulan pertama atau di rentang Januari hingga Maret menyusut dibanding periode sama tahun 2019.

Data intermal PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang dirilis Rabu (15/4/2020) menyebut penjualan mobil ke konsumen langsung (ritel) di tiga bulan pertama tahun ini sebanyak 39.186 unit. Jumlah ini setara dengan 17,9% dari total penjualan seluruh merek yang sebanyak 219.361 unit.

Sedangkan penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) pada kurun waktu yang sama sebanyak 48.113 unit. Penjualan sebanyak ini sama dengan 20,3% dari total wholesales nasional atau seluruh merek yang sebanyak 236.825 unit.

Ilustrasi, Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 – dok.Motoris

“Kami bersyukur kondisi penjualan hingga Q1 (kuartal satu), Daihatsu masih dapat mempertahankan market share di kisaran 17%. Untuk selanjutnya, keadaan akan lebih menantang dan tidak mudah, karena dampak negatif dari pandemi Covid-19 ke perekonomian Indonesia dan global,” ujar Markting Director PT ADM, Amelia Tjandra, dalam pernyataan resmi, Rabu (15/4/2020).

Tetapi, fakta yang tak bisa dimungkiri menunjukan penjualan secara ritel maupun wholesales di kuartal pertama tahun ini ambles dibanding periode yang sama tahun 2019 lalu. Data internal yang dirilis PT ADM, Rabu (17/4/2019), menunjukan di Januari – Maret tahun itu penjualan ritel Daihatsu tercatat sebanyak 48.320 unit dan wholesales sebanyak 50.699 unit.

Fakta juga berbicara, bahwa masing-masing penjualan di periode ini pun ternyata menciut 1,7% dan 1,8% dibanding penjualan kuartal pertama tahun 2018. Mengacu ke data internal yang dirilis PT ADM, Kamis (12/4/2018), penjualan ritel Daihatsu di tiga bulan pertama tahun 2018 sebanyak 48.320 unit dan wholesales 51.607 unit.

Ilustrasi, Daihatsu All New Terios, -dok.Motoris

Tetapi, data juga menunjukan masing-masing penjualan tersebut naik 10% dan 4% dibanding rentang waktu yang sama di tahun 2017. Alhasil, dengan melihat fakta dan data tersebut, kita bisa melihat bahwa dalam dua tahun terakhir penjualan Daihatsu Indonesia di setiap kuartal satu terus lesu. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This