Sudah Babak Belur di LCGC, Suzuki RI Siapkan Mobil Murah Anyar?

Sudah Babak Belur di LCGC, Suzuki RI Siapkan Mobil Murah Anyar?
Ilusrasi, LCGC Suzuki Karimun Wagon R GS - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku tengah menyiapkan mobil anyar yang sesuai dengan kondisi masyarakat – baik sosial maupun ekonomi – pada masa setelah pandemi virus corona (Covid-19) atau  new normal nanti. Meski, hingga kini belum disebut secara pasti apa model tersebut namun diisyaratkan sebagai model dengan harga yang terjangkau.

Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS, Harold Donnel, dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif di Jakarta, Rabu (4/6/2020)) menegaskan kondisi wabah corona yang mendera Indonesia tidak menjadikan Suzuki patah arang. Sebaliknya, justeru meningkatkan semangat.

Saat dilakukan global meeting, kata Harold, Suzuki berkomitmen tidak akan ada pengurangan produk baru. Terutama untuk Indonesia.

Terlebih, di era pasca pandemi atau new normal nanti ada dinilai ada peluang baru terkait dengan kondisi masyarakat. Diperkirakan, tak sedikit masyarakat yang ingin menggunakan mobil pribadi – dengan alasan mementingkan aspek kesehatan – karena tidak ingin bersentuhan dengan anggota masyarakat lainnya (dengan menggunakan transportasi umum) kala melakukan mobilitas.

Suzuki S-Presso saat dilumcurkan 1 Oktober lalu – dok.Economic Times

“Kita harus menyediakan produk yang berpihak kepada pasar yaitu market-market yang secara ekonomi mungkin lebih sensitif (terhadap harga). Ada satu ceruk pasar yang berhubungan dengan masyarakat yang bisa dipenuhi. Suzuki akan isi ceruk tersebut dengan kendaraan yang sesuai dengan budget konsumen atau meluncurkan kendaraan yang terjangkau bagi konsumen pasca pandemi,” papar dia

Namun, Harold belum bersedia mengungkap jati diri model anyar yang bakal disuguhkan nanti. Apakah mobil kelas LCGC (mobil murah ramah lingkungan) versi anyar Suzuki Karimun Wagon R ataukah model lain yang juga berharga terjangkau, Suzuki S-Presso.

“Untuk segmennya masih dipertimbangkan, karena ada beberapa celah market yang masih dipelajari mana yang lebih ideal untuk peluncuran model tersebut,” elak dia.

Ilustrasi, logo Suzuki – dok.Motoris

Tertinggal pesaing
Namun, apapun model yang akan diluncurkan dan disebut bakal berharga terjangkau itu, yang pasti di segmen pasar LCGC hingga saat ini Suzuki masih kedodoran, atau malah bisa dibilang babak belur. Suzuki Karimun Wagon R yang disorongkan ke konsumen, penjualannya masih jauh tertinggal pesaing, sehingga perlu “pemantik” atau stimulan baru agar penjualannya menderu.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan hal itu. Sepanjang Januari – April lalu misalnya, penjualan ke diler (wholesales) mobil murah Suzuki Karimun Wagon R hanya sebanyak 696 unit. Jumlah ini sangat jauh tertinggal dibanding Daihatsu Sigra yang sebanyak 13.346 unit, Honda Brio Satya yang 13.211 unit, Toyota Calya yang laku 12.092 unit.

Begitu pula dengan Daihatsu Ayla yang terlego sebanyak 7.123 unit, atau Toyota Agya yang terjual 5.752 unit. Karimun Wagon R hanya unggul dibanding Datsun GO+Panca dan Datsun GO yang terjual 85 unit dan 215 unit yang kini pabriknya sudah almarhum.

Ilustrasi, Suzuki Karimun Wagon R versi terbaru dengan 7 kursi penumpang – dok.SRK Design

Fakta berbicara, penjualan Karimun Wagon R juga kalah jauh dengan para pesaing selama tahun 2019. Saat itu, dia terjual ke diler (wholesales) sebanyak 4.148 unit.

Sedangkan Honda Brio Satya terjual 54.899 unit, Toyota Calya 54.549 unit, Daihatsu Sigra 52.283 unit jauh di atasnya. Begitu pula dengan Toyota Agya yang terjual 25.082 unit, dan Daihatsu Ayla laku 22.108 unit.

Begitu pun di tahun 2018. LCGC anadalan Suzuki ini hanya menempati urutan terbawah kedua dari bawah di daftar wholesales LCGC. Mobil Suzuki ini hanya terjual 4.564 unit.

Padahal, Toyota Calya saat itu terlego 63.970 unit, Daihatsu Sigra 50.907 unit, dan Honda Brio Satya 46.900 unit. Bahkan jauh di bawah Toyota Agya yang sebanyak 29.106 unit, serta Daihatsu Ayla yang laku sebanyak 26.952 unit.

Suzuki Karimun Wagon R di pasar Indonesia – dok.Fajar.co.id

Bahkan, Suzuki Wagon R tertinggal oleh Datsun GO yang terjual 4.782 unit. Satu-satunya pelipur lara, dia masih unggul dari Datsun Go+ yang terjual hanya 3.263 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This