Penjualan Honda BR-V Facelift di RI, Masih Melempem

Penjualan Honda BR-V Facelift di RI, Masih Melempem
Ilustrasi, Honda BR-V versi facelift di Indonesia- dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Kabar soal Honda BR-V versi facelift datang dari negeri jiran kita, Malaysia, yang meluncurkan versi anyar itu pada awal Juni lalu. Sedangkan di Indonesia versi ini sudah malang melintang di pasar sejak April 2019 lalu, yakni sejak meluncur di hajatan Indonesia International Motor Show 2019.

Tetapi, fakta menunjukan, meski menyuguhkan kebaruan tampilan ternyata penjualan mobil ini tak “menggelegar”. Dia masih belum mampu menyalip pesaing, atau bahkan mengulang kejayaan di tahun-tahun awal meluncur. Pun hingga empat bulan pertama tahun ini atau sepanjang Januari – April kemarin.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di catur wulan pertama itu, penjualan ke diler (wholesales) Honda BR-V total hanya 1.095 unit. Jumlah ini jauh tertinggal dibanding Toyota Rush yang sebanyak 12.315 unit, dan Terios 6.109 unit.

Honda BR-V facelift di Malaysia – dok.Paultan

Bahkan dibanding Mitsubishi Xpander Cross yang baru meluncur November 2019, karena di empat bulan itu Low SUV Mitsubishi ini membukukan wholesales sebanyak 5.518 unit. Begitu pula dengan Suzuki XL7 yang nongol di pasar sejak pertengahan Februari lalu, tetapi telah terjual 4,252 unit.

Satu-satunya pelipur lara Honda BR-V di empat bulan ini adalah, keunggulannya terhadap SUV Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 560.  Sebab SUV itu hanya terjual 179 unit.

Sementara, di sepanjang tahun 2019 Honda BR-V membukukan penjualan sebanyak 4.071 unit. Jumlah ini juga terpaut jauh dengan penjualan Toyota Rush yang sebanyak 61.659 unit. Dia juga tertinggal oleh Daihatsu Terios yang mengumpulkan angka penjualan sebanyak 22.960 unit.

Penjualan Low SUV andalan PT Honda Prospect Motor itu bahkan melorot dibanding penjualan tahun 2018 dicatatkannya, yakni sebanyak 9.143 unit. Meski angka penjualan itu, juga jauh tertinggal dibanding jumlah penjualan Toyota Rush yang sebanyak 53.145 unit.

Ilustrasi, tampilan Honda BR-V facelift di RI- dok.Motoris

Angka penjualan Honda BR-V di tahun 2018 itu, juga longsor dibanding penjualannya selama tahun 2017, yang sebanyak 21.392 unit. Tetapi, angka penjualan yang ditorehkan pada tahun 2018 ini juga ambrol cukup dalam dibanding sepanjang tahun 2016 yang masih sebanyak 38.666 unit.

Artinya, tren penjualan mobil ini hingga tahun 2019 masih melempem, meski telah disodorkan versi facelift sekali pun.  Bahkan, hingga awal tahun ini. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This