Tak Penuhi Standar Emisi, Suzuki Eropa Akhiri Penjualan Jimny

Tak Penuhi Standar Emisi, Suzuki Eropa Akhiri Penjualan Jimny
Suzuki Jimny generasi baru- dok.Istimewa

London, Motoris – Suzuki Motor di Eropa telah mengkonfirmasi untuk menghentikan penjualan SUV legendaris Suzuki Jimny di wilayah Eropa, termasuk di Inggris. Pasalnya, generasi keempat Jimny itu terbukti tak akan memenuhi aturan baru standar emisi gas buang kendaran di Uni Eropa yang berlaku tahun 2021 nanti.

Seperti dilaporkan laman Autoexpress dan Euro News, Rabu (8/7/2020), otoritas Uni Eropa dan Inggris telah menetapkan standar emisi gas buang yang berlaku ntahun depan nanti maksimal 95 gram per kilometer. Sementara, emisi CO2 yang dihasilkan Suzuki Jimny saat ini masih sebesar 154 – 170 gram per kilometer.

“Ditambah dengan bobot kosong 1.135 kilogram, berarti Jimny menjadi mobil terbaru yang tidak sesuai dengan peraturan,” tulis Autoexpress.

Namun, bukan berarti Jimny bakal benar-benar hengkang dari Eropa, karena penghentian penjualan tersebut hanya bersifat sementara, hanya dalam beberapa bulan sembari dilakukan penyempurnaan. “Celah untuk kembali ke pasar bagi SUV itu tidak akan hilang sama sekali. Karena model yang diperbarui dapat kembali lagi,” tulis Autocar India.

Suzuki Jimny yang dijual di Indonesia – dok.Motoris

Informasi serupa diberikan laman Motor1, 22 Januari lalu. Bahkan di awal tahun itu, tulis laman itu, Suzuki Motor sudah berhitung tentang tantangan dan kendala yang bakal dihadapi Jimny. Lantaran itulah, Suzuki di Eropa menawarkan Suzuki Jimny dengan embel-embel edisi yang sangat terbatas.

Suzuki kemungkinan besar bakal melakukan penyempurnaan dan kembali ke pasar di wilayah tersebut. Hanya, kemungkinan besar, Jimny tak lagi menyandang status sebagai kendaraan penumpang, tetapi sebagai kendaraan komersial yang konsekwensinya adalah, bangku belakang dienyahkan.

“Dengan demikian, Jimny akan mundur setelah tahun ini di Eropa. Versi penumpang standar akan dihilangkan dari daftar model yang dijual. Tetapi versi kendaraan komersial dengan perubahan interior kecil dan tidak ada kursi belakang akan muncul pada tahun 2021. Karena kendaraan komersial tidak tunduk pada standar emisi yang ada tersebut,” tulis Autoexpress.

Suzuki All New Jimny saat pertama kali diperkenalkan di Indonesia yakni di hajatan IIMS 2019 – dok.Motoris

Sementara laporan lain yang dilansir Autocar India mengatakan versi penumpang penuh kemungkinan akan kembali lagi ke pasar Eropa dengan mengusung mesin berbeda dari yang ada saat ini.Tetapi, kapan tepatnya hal itu akan terjadi, hingga kini tidak diketahui. (Ril/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS