Penjualan Rush dan Terios hingga Juni, Bak Langit dan Bumi

Penjualan Rush dan Terios hingga Juni, Bak Langit dan Bumi
Ilustrasi, Toyota Rush saat dites jalan - dok.Toyota Astra Motor

Jakarta, Motoris – Terlahir sebagai mobil kembar yang digelontorkan ke segmen pasar Low SUV pada tahun 2006 lalu, hingga kini di antara Toyota Rush dengan Daihatsu Terios trdapat kesenjangan yang sangat tinggi. Bahkan sampai dengan semester pertama tahun ini atau di rentang Januari – Juni, jurang ketimpangan masih menganga di antara keduanya.

Data yang dihimpun PT Toyota Astra Motor (TAM), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) belum lama ini, menunjukkan fakta itu. Data berbicara, di enam bulan pertama tersebut Rush terjual ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 17.595 unit.

Sementara, di saat yang sama, Terios terjual 6.682 unit. Sebuah kesenjangan kinerja penjualan yang sangat mencolok, bagaikan jarak langit dengan bumi di antara mereka.

Tak cuma itu, Dalam penjualan ke diler (wholesales) pun, kesenjangan dua Low SUV itu juga sangat jauh, Data Gaikindo memperlihatkan di rentang lima bulan atau dari Januari hingga Mei lalu, Rush terlego ke diler sebanyak 12.429 unit, sementara Terios 6.109 unit.

All New Daihatsu – dok.Motoris

Distribusi Rush ke diler sebanyak itu dibukukan pada Januari sebanyak 4.499 unit, Februari 3.296 unit, Maret 4.302 unit, April 218 unit, dan Mei sebanyak 114 unit. Adapun jumlah Terios yang terdistribusi sebanyak 6.109 unit.

Jumlah tersebut berasal dari penjualan ke diler selama Januari yang sebanyak 1.394 unit, Februari 1.611 unit, dan Maret 2.912 unit.
Kemudian dari penjualan April sebanyak 192 unit. Sedangkan selama Mei, distribusi Terios nihil.

Model Rush dan Terios yang dijajakan dua agen pemegang merek itu – Toyota dan Daihatsu yang berada di bawah payung Grup Astra- merupakan versi paling gres yang diluncurkan pada tahun 2018 lalu. All New Rush dan All New Terios dibekali mesin 1.5L berkode 2NR-VE Dual VVT-I yang menyemburkan tenaga hingga 104 hp dengan torsi 13,9 kgm.

Toyota All New Rush untuk pasar ekspor – dok.Motoris

Sederet fitur canggih bertaburan di keduanya. Selain lampu utama LED, integrated LED rear combination lamp, fitur start-stop mesin, AC double blower, head unit berukuran 7 inci, kamera parkir mundur, pengaturan kemudi, enam airbag, sabuk pengaman tujuh titik, ABS, juga terdapat electronic brake force distribution (EBD).

Bahkan fitur keselamatan vehicle stability control (VSC), dan hill-start assist (HSA) juga disematkan. Artinya, aspek kenyamanan dan keamanan dua model itu cukup mumpuni. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS