Ternyata, Tak Hanya Tahun Ini Saja Penjualan Mobil Honda Ambles

Ternyata, Tak Hanya Tahun Ini Saja Penjualan Mobil Honda Ambles
Ilustrasi, Honda Mobilio versi baru - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – Agustus tahun ini penjualan mobil Honda ke konsumen (ritel) anjlok dibanding penjualan ritel yang dibukukan selama rentang waktu yang sama tahun 2019. Bahkan, di tahun-tahun sebelumnya penjualan mobil merek ini juga telah berada di tren penurunan.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di delapan bulan pertama tahun ini, total penjualan ritel Honda sebanyak 49.713 unit atau 13,7% dari total penjualan ritel seluruh merek secara nasional. Padahal, di kurun waktu yang sama tahun 2019 lalu, penjualan ritel merek ini masih sebanyak 97.367 unit.

Barangkali, dampak wabah virus corona (Covid-19) yang menerpa dan menghempaskan perekonomian dan kondisi sosial masyarakat Indonesia yang menjadi alasan sebagai penyebabnya sangat masuk akal. Toh, tak hanya Honda yang mengalami ambyarnya penjualan, tetapi juga banyak merek-merek lain.

Ilustrasi, Honda BR-V yang dipasarkan di Indonesia – dok.Motoris

Tapi bagaimana dengan tahun-tahun sebelumnya? Karena rekam jejak penjualan Honda yang berada di Gaikindo menunjukkan ternyata jauh sebelum wabah virus mematikan itu menonjok Indonesia, penjualan merek ini sudah loyo. Sepanjang tahun 2019 misalnya, total penjualan Honda sebanyak 149.439 unit.

Jumlah penjualan itu merosot 8,3% dibanding penjualan yang dibukukan selama tahun 2018, yang sebanyak 162.956 unit. Sementara, dibanding penjualan tahun 2017 yang sebanyak 186.859 unit, penjualan tahun 2018 itu jelas ambrol signfikan.

LCGC Honda Brio Satya – dok.Motoris

Padahal, angka penjualan sepanjang tahun 2017 itu juga sudah ambles dibanding angka penjualan yang berhasil diukir Honda sepanjang tahun 2016, yang sebanyak 199.364 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This