Penjualan Mobil Kia di RI, Tak Sampai 50 Unit per Bulan

Penjualan Mobil Kia di RI, Tak Sampai 50 Unit per Bulan
Ilustrasi, SUV KIa Seltos yang juga dipasarkan di Indonesia - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Seperti halnya saudara satu grupnya, Hyundai Motor , penjualan mobil Kia di Indonesia sepanjang Januari hingga September tahun ini masih belum cemerlang. Merek ini baru bisa mencuil kurang lebih 0,1% pangsa pasar penjualan mobil ke konsumen (ritel) di periode itu.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di rentang tiga kuartal itu, total penjualan ritel mobil merek Kia yang dijajakan oleh PT Kreta Indo Artha (Indomobil Group) hanya 402 unit. Sehingga, jika dirata-rata penjualan per bulan selama sembilan bulan pertama hanya 44,6 unit saja alias tak sampai 50 unit saban bulannya.

Total penjualan ritel sepanjang Januari hingga September itu dibukukan dari penjualan selama Januari yang sebanyak 5 unit, Februari 76 unit, Maret 62 unit, April 61 unit, dan dari bulan Mei yang sebanyak 40 unit. Kemudian dari penjualan sekama bulan Juni sebanyak 27 unit, bulan Juli 44 unit, Agustus 60 unit, serta dari penjualan sepanjang bulan September yang sebanyak 45 unit.

Kinerja penjualan ini masih kalah jauh dari merek asal Cina, Wuling yang diageni PT SGMW Indonesia atau Wuling Motors Indonesia. Fakta berbicara, di kurun waktu yang sama Wuling Motors Indonesia berhasil melego 6.442 mobilnya ke konsumen dan berhasil mencomot pangsa pasar 1,6% lebih.

Ilustrasi, Kia Big Up yang dipamerkan di hajatan GIICOMVEC 2020 – dok.Motoris

Jumlah penjualan ritel Kia Indonesia ini juga lebih sedikit ketimbang angka penjualan ritel yang dibukukan Hyundai Indonesia di kurun waktu yang sama. Data menunjukkan, selama sembilan bulan pertama itu penjualan Hyundai Indonesia hanya 503 unit dengan pangsa pasar kurang lebih 0,1% juga.

Sekadar informasi, sepanjang Januari hingga September tahun ini, total penjualan ritel kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air sebanyak 407.396 unit. Jumlah ini ambles 46% lebih dibanding penjualan ritel yang dibukukan sepanjang periode sama tahun lalu, yang masih sebanyak 758.413 unit.(Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This