Menakar Dampak Versi Facelift ke Penjualan Ritel Nissan X-Trail, Masih Minim

Menakar Dampak Versi Facelift ke Penjualan Ritel Nissan X-Trail, Masih Minim
Nissan X-Trail Facelift yang dipasarkan di Indonesia- dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Nissan Motor Indonesia meluncurkan versi anyar atau versi facelift dari SUV Nissan X-Trail pada pertengahan Juli 2019 lalu di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Namun, penjualan versi anyar itu ternyata tak menggelegar seperti yang diharapkan.

Bahkan di tahun ini, dari Januari hingga November, penjualan SUV medium Nissan ini ke konsumen juga masih terpaut jauh dibanding dengan penguasa pasar yakni Honda CR-V, Wuling Almaz, dan Mazda CX-5. Data yang dihimpun Motoris dari catatan laporan penjualan kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di Januari – November tahun 2019 Nissan X-Trail terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 735 unit.

Jika dilihat dari bulan-ke bulan, ternyata efek versi anyar atau facelift hanya terasa di bulan Agustus. Setidaknya terlihat dari lonjakan penjualan, meski tak tinggi-tinggi amat. Bahkan, setelahnya justeru menurun hingga November 2019.

Fakta menunjukkan, pada Januari SUV ini terjual ke konsumen sebanyak 60 unit, Februari 52 unit, Maret 60 unit, April 33 unit, Mei 84 unit, Juni 103 unit, dan Juli 99 unit. Kemudian di Agustus 117 unit, September turun menjadi 58 unit, Oktober turun lagi menjadi 35 unit, dan November kembali menciut menjadi 34 unit.

Nissan X-Trail facelift -dok.Motoris

Sementara di Januari hingga November tahun ini, total penjualan ritel Nissan X-Trail cuma 156 unit. Penjualan itu dia bukukan pada Januari sebanyak 21 unit, Februari 27 unit, Maret 37 unit, April 8 unit, Mei 3 unit, Juni 2 unit, Juli 27 unit, Agustus 16 unit, September 10 unit, Oktober 3 unit, dan November 2 unit.

Memang, seperti halnya merek-merek lain, penjualan Nissan X-Trail juga menghadapi tantangan berat akibat perekonomian nasional yang terdampak wabah virus corona (pandemi Covid-19). Tetapi, SUV Nissan – yang notabene telah cukup lama malang meintang di pasar Tanah Air – hanya ini bertengger di urutan keempat.

Posisi Nissan X-Trail berada di bawah Honda CR-V yang terjual sebanyak 5.252 unit. Bahkan disalip Wuling Almaz yang laku 3.000 unit, dan Mazda CX-5 yang laku sebanyak 607 unit. Melihat fakta seperti ini, ternyata efek atau dampak versi facelift terhadap penjualan SUV ini masih minim.(Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This