Ekspor Mobil ke Vietnam Selama 11 Bulan, RI Masih Tenggelam Lawan Thailand

Ekspor Mobil ke Vietnam Selama 11 Bulan, RI Masih Tenggelam Lawan Thailand
Mitsubishi Xpander, salah satu mobil impor di Vietnam yang berasal dari Indonesia - dok.VnExpress International

Hanoi, Motoris – Departemen Umum Bea Cukai Vietnam menyatakan selama Januari hingga November tahun ini Vietnam telah mengimpor mobil dalam wujud utuh (CBU) sebanyak 92.261 unit. Jumlah itu turun 30,5% dibanding jumlah impor yang dilakukan selama periode yang sama tahun 2019.

Seperti dilaporkan laman Vietnam Insider, Selasa (28/12/2020), data yang dihimpun departemen itu menunjukkan, dari total mobil impor selama sebelas bulan pertama itu 44.697 unit di antaranya dengan nilai US$ 913 juta merupakan mobil asal Thailand. Angka itu setara dengan setengah total impor mobil Negeri Paman Ho tersebut.

Sedangkan 32.691 unit lainnya atau sekitar 36% berasal dari Indonesia. Nilanya sebesar US$ 410 juta. Artinya, secara jumlah maupun nilai, ekspor Indonesia masih kalah dari Thailand.

Toyota Innova versi terbaru meluncur di Vietnam pada Sabtu, 10 Oktober 2020 – dok.Otosaigon

Sementara, selama bulan November saja, Thailand diketahui mengekspor mobil CBU sebanyak 5.927 unit dengan total nilai lebih dari US$125 juta. Jumlah dan nilai impor itu menurun dibanding impor pada bulan Oktober yang sebanyak 7.599 unit dengan nilai US$ 150 juta.

Meski, dibanding dengan impor dari Indonesia, jumlah mobil kiriman dari Negeri Gajah Putih itu masih lebih besar. “Penurunan terjadi karena dampak Covid-19. Selain itu biaya registarsi mobil impor jauh lebih besar ketimbang mobil produksi lokal (Vietnam), sehingga mempengaruhi keputusan konsumen,” bunyi pernyataan Departemen Bea Cukai.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, ekspor mobil CBU Indonesia ke berbagai negara tujuan sepanjang Januari hingga November tahun ini hanya sebanyak 206.685 unit. Jumlah itu ambles 32,6% dibanding ekspor yang dibukukan pada periode sama tahun sebelumnya yang sebanyak 306.901 unit.

Ilustrasi, Hyundai H-1 Royale – dok.Istimewa

Ekspor tahun ini dibukukan oleh Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, Isuzu, Wuling, dan Hyundai. Sepanjang sebelas bulan itu Toyota mengekspor sebanyak 78.912 unit turun 29% dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 112.538 unit.(Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This